Yuk, Poles Profile Linkedin Kamu
  • copy tautan!
subscribe

Yuk, Poles Profile Linkedin Kamu

11 July 2018

Banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial yang khusus untuk para profesional seperti Linkedin. Linkedin sendiri merupakan situs yang memang digunakan oleh kaum profesional untuk saling berbagi informasi tentang pekerjaan. Baik untuk pencari kerja, maupun penyedia lowongan kerja.

 

Linkedin juga biasa digunakan para pencari kerja untuk mendapatkan jejaring pertemanan di industri bidang profesinya sekaligus mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Bisa diibaratkan Linkedin itu seperti etalase. Sedangkan skill kerja yang kita miliki itu merupakan produk yang akan kita dagangkan. Maka dari itu, kamu harus sebisa mungkin memoles tampilan profil Linkedin kita agar banyak yang tertarik memakai skill kerja kita. Begini caranya:  

 

  1. Memakai foto yang baik

Pertama, kamu harus memperhatikan foto profil yang akan dipajang di akun Linkedin kamu. Upayakan untuk menggunakan foto formal yang bisa menunjukkan  profesionalitas kamu. Wajahnya harus terlihat jelas. Tapi jangan terlalu kaku juga seperti foto KTP. Usahakan tetap nampak elegan dan fresh.

 

  1. Memasang portofolio

Di Linkedin ada kolom untuk memasang portofolio pekerjaan kita. Apabila pekerjaanmu sifatnya menghasilkan karya, jangan ragu untuk memasang karyamu di kolom ini. Kalau kamu penulis, silakan pajang tulisan kamu. Kalau kamu desainer, juga jangan malu memajang hasil desain kamu.

 

  1. Meminta rekomendasi

Selain itu, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari orang yang pernah bekerja dengan kamu. Rekomendasi yang bentuknya adalah kesan-kesan orang lain saat bekerja sama denganmu ini sangat berguna jadi bahan pertimbangan para penyedia lowongan untuk memperkerjakan kamu kelak.

 

  1. Berbagi status berisi pengalaman

Sebaiknya isi status yang kamu bagikan di kanal Linkedin berisi tentang berbagai pengalamanmu seputar dunia kerja. Jangan sekali-kali memanfaatkan status di Linkedin untuk posting hal-hal yang di luar pekerjaan. Seperti curhat pribadi, menjelekkan suatu perusahaan tertentu, atau bahkan berjualan. Meskipun tidak dipungkiri bahwa banyak pengguna Linkedin yang melakukan hal tersebut, namun sebaiknya kamu tidak meniru hal tersebut agar profile Linkedin kamu tetap terlihat profesional.

 

  1. Jangan sungkan menambah jaringan pertemanan

Kamu juga tak perlu sungkan untuk menambah teman sebanyak mungkin. Meskipun belum kenal sama sekali. Karena kamu nggak pernah tahu dari mana datangnya pekerjaan itu.

 

Nah, mulai sekarang ayo praktekkan beberapa tips memoles akun Linkedin tadi. Biar banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi akunmu. Siapa tahu, nggak perlu ngelamar kerja, eh malah kamu yang dilamar kerja.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.