Tips Mengurangi Stres Saat Perjalanan Kerja
  • copy tautan!
subscribe

Tips Mengurangi Stres Saat Perjalanan Kerja

12 July 2018

Perjalanan kerja saat berangkat ke kantor atau pulang pulang dari kantor ternyata sudah jadi rutinitas bagi para pekerja. Mereka melakukan perjalanan ini dengan berbagai moda transportasi, dari angkutan umum, kendaraan pribadi sampai transportasi online. Namun jalanan yang padat dan ketidaknyamanan moda transportasi menimbulkan potensi stres.

 

Setidaknya, menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Montreal Kanada, mereka yang melakukan perjalanan komuter (perjalanan kerja) lebih dari 20 menit rentan mengalami kelelahan mental. Sederhananya, para pekerja mudah terserang stres.

Menurut Nia Fajriyani, psikolog dari Universitas Persada Indonesia, stress saat perjalanan kerja sendiri ada dua tipe. Ada eustress dan distress. “Kalau eustress itu stress yang memicu semangat pekerja untuk berangkat ke kantor. Jadi ini positif. Sedangkan kalau distress, dampaknya negatif. Bisa menimbulkan kecemasan dan ketakutan,” ujarnya.

Lantas, menurut Thea Aninditya, psikolog dari Universitas Al-Azhar, Jakarta, yang harus dilakukan ketika mengalami stres ini adalah mengendalikan diri. Ada pun cara-caranya bisa dilakukan seperti ini:

 

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik saat perjalanan kantor bisa menciptakan nuansa rileks. Cara ini bisa meminimalisir stres. Apalagi ketika kamu mendengarkan lagu favorit kamu. Bukan cuma rileks, tapi juga mood senang yang baik.

 

  1. Jangan membuka pesan dari kantor

Ketika perjalanan kerja, upayakan untuk menunda membuka pesan SMS, WhatsApp, dan email dari kantor. Agar kamu tidak cemas saat masih dalam perjalanan. Urusan kantor, sebaiknya dikerjakan ketika di kantor.

 

  1. Minum teh

Kamu juga bisa membawa air teh dan meminumnya saat perjalanan. Karena di dalam teh terkandung zat bernama theophyline theobromine yang berfungsi membuat urat saraf kita menjadi rileks.

 

  1. Membaca

Membaca buku atau majalah selama perjalanan juga bisa menjaga nuansa rileks saat perjalanan kerja.

 

  1. Latihan pernafasan

Menarik nafas minimal 3-4 hembusan bisa membantu relaksasi.

 

  1. Reframing

Untuk menciptakan ketenangan, kamu juga perlu membuat imajinasi tentang suasana di sekitar kamu menyenangkan. Inilah yang disebut dengan reframing.

 

  1. Mengobrol

Untuk tenang, kamu juga bisa membuat fokusmu beralih. Caranya adalah dengan mengobrol. Mengobrol tentang hal lain di luar pekerjaan bisa membuat pikiranmu teralihkan serta membuat perjalanan ke kantor tidak terasa begitu lama.  

Nah, buat kamu yang sedang mengalami stres saat perjalanan ke kantor, sebaiknya mulailah untuk menerapkan beberapa cara ini. Jika stresmu berlanjut, tak ada salahnya bila kamu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.