Tips Jadi News Anchor Dari Azizah Hanum
  • copy tautan!
subscribe

Tips Jadi News Anchor Dari Azizah Hanum

04 June 2018

Siapa yang suka nonton acara berita di televisi?

Kalau kamu suka nonton acara berita, pasti ngeh sama pembaca beritanya. Nah, profesi itu yang namanya News Anchor. Tugasnya membacakan berita ke pemirsa. Kadang, justru pemirsa lebih fokus melihat News Anchornya daripada beritanya sendiri. Karena pembawaan News Anchor yang lebih menarik karena cakep, elegan, dan berwibawa.

Penasaran sama profesi ini? Tenang, ADSvokat kemarin baru aja wawancarai Azizah Hanum yang merupakan News Anchor di CNN TV. Yuk simak, wawancara lengkapnya.

Kak, dulu kuliahnya apa?

Dulu aku kuliah di jurusan Jurnalistik di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (ISIP Jakarta). Sekarang aku menjadi News Anchor di CNN TV Indonesia.

 

Apakah ada kaitannya kuliah dengan profesi kakak sekarang sebagai News Anchor?  

Ada. Kuliahku di jurnalistik itu semacam pintu gerbangku buat meniti karir di industri media. Karena selama ini aku memang nggak pernah kerja di luar media. Pertama kali kerja, aku bekerja sebagai bagian produksi konten di radio Trax FM. Kerjaanku bikin konten tulisan yang nanti akan dibaca oleh penyiar. Seenggaknya, berkat ilmu di kampus dulu, aku bisa bikin konten yang pesannya to the point dan pesannya sampai. Minimal juga sudah sesuai sama prinsip jurnalistik.

 

Dan radio Trax FM ini jugalah yang membantu aku saat menyelesaikan skripsi dan membangun koneksi. Dari sana, aku pun pindah-pindah. Dari Trans Tv, Net TV, Kompas TV sampai sekarang jadi News Anchor di CNN TV.

 

Waktu kuliah kegiatannya ngapain aja?

Kuliahku ya belajar kayak anak kampus lainnya aja. Sama perbanyak teman. Aku juga ikut UKM Sepak Bola, karena aku suka dengan hal apa pun yang berhubungan sama sepak bola. Aku juga sempat ikut Himpunan Mahasiswa Jurnalistik. Tapi nggak aktif. Cuma namanya ada yang tertera di sana. Hehehe…

 

Apakah ada momen kuliah yang bikin pengen jadi News Anchor?

Nggak ada. Sebenarnya, jadi News Anchor itu cita-citaku waktu kecil. Pada saat itu aku terpesona melihat Desi Anwar pas membacakan berita. Menurutku, itu keren banget. Alhamdulillah, sekarang cita-citaku tercapai.

 

Kerjanya News Anchor ngapain aja kak?

Kerjanya ya membacakan berita. Tapi, aku juga nulis teks production untuk dibacakan saat siaran.

 

Apa hal utama yang diperlukan untuk bisa jadi News Anchor?

Agar lancar menjalani profesi ini, harus sering-sering ngobrol sama orang pintar. Karena kebiasaan ini akan melatih skill kita dalam berkomunikasi dan berpikir kritis.

Perbanyak juga link pertemanan. Salah satu caranya adalah dengan aktif di sosial media. Misalnya kayak aktif di sosial media profesional seperti Linkedin. Karena, berdasarkan pengalamanku, aku dapat posisi profesi ini dari Linkedin.

Waktu itu, Prabu Revolusi yang memang jadi headhunter News Anchor chat aku di Linkedin. Akhirnya dia menemukan aku. Hehehe.

 

Apa sih enak dan nggak enaknya profesi ini?

Enaknya banyak karena aku sangat menikmati profesi ini. Nisa bertemu banyak orang dan merasakan banyak pengalaman baru. Sedangkan untuk nggak enaknya, sering nggak ada waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Apalagi kalau Lebaran ada keperluan liputan, akhirnya aku jadi Bang Toyib, deh karena nggak pulang-pulang.

 

Waktu kuliah suka banget dengan mata kuliah apa, kak?

Mata kuliah yang asyik sih, ya Psikologi Komunikasi. Karena di mata kuliah ini ada objek manusia. Aku suka sama apapun yang berkaitan sama manusia. Makin banyak objek manusianya, aku makin suka. Aku suka sekali berada di tengah keramaian manusia. Aku suka ketemu orang baru dan aku suka ngobrol.

 

Menurut kakak, apa mata kuliah yang seharusnya ada di setiap kampus?

Public speaking. Mata kuliah ini penting karena jadi modal kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sama satu lagi, yaitu ilmu prakteknya. Karena magang singkat yang biasanya ada di kampus itu nggak cukup.

 

Apakah ada hobi yang mendukung profesi News Anchor?

Mungkin hobiku yang suka ngomong, dari jadi MC sampai moderator kali ya.

 

Pesan untuk adik-adik mahasiswa yang mau jadi News Anchor?

Main yang jauh. Biar kamu bisa menemukan banyak karakter orang. Pokoknya, jangan membatasi lingkungan pertemanan kamu. Bertemanlah dengan siapa aja, dengan tujuan untuk belajar.

Sama satu lagi, jangan takut gagal. Semua ada prosesnya. Aku sendiri sudah mengalami berbagai macam kegagalan. Kayak dulu pas apply buat jadi jurnalis di media cetak, nggak ada panggilan juga. Intinya, tetap semangat ya!

Ternyata, jalan meniti karir untuk jadi News Anchor itu nggak selalu mulus ya. Kak Azizah Hanum pun pernah gagal juga kok. Tapi, bukan berarti profesi ini mustahil bisa diraih. Kamu pasti bisa, asalkan mau belajar buat mengasah skill komunikasi dan pantang menyerah.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.