Tips Baca Biar Cepet Paham
  • copy tautan!
subscribe

Tips Baca Biar Cepet Paham

15 August 2018

Dosen itu memang nggak pernah nanggung kalau ngasih tugas, ya. Kadangkala, kamu nggak cuma disuruh nulis makalah atau esai, tapi juga dituntut baca textbook yang tebelnya segaban. Bahkan tuh tumpukan bacaan itu udah bisa kamu jadiin bantal.

 

Tugas yang ini belum selesai, eh masih dipaksa harus baca banyak buku. Gimana nggak senewen coba? Tapi, tenang aja, ADSvokat punya siasat jitu agar kamu bisa baca cepat dan lekas paham juga. Begini caranya:

 

  1.       Ciptakan rasa nyaman

Rasa nyaman sangat membantu kita dalam memahami bacaan. Jadi, ciptakanlah rasa nyamanmu sendiri. Kamu bisa membaca sambil nyemil atau bahkan mendengarkan musik favoritmu. Cara seperti ini akan merangsang otak agar mudah mencerna informasi ketika sedang membaca.

 

  1.       Menggerakkan tangan

Ada juga orang yang mudah menyerap informasi dengan efek kinestetik, karena memang ia punya kecerdasan kinestetik yang dominan. Bila kamu termasuk ke dalam tipe ini, ketika membaca kamu bisa mencoba menggerakkan tanganmu dengan gerakan-gerakan sederhana seperti mengepalkan tangan atau menggerakkan jari jemari.

  1.       Perbanyak kosa kata

Kuota kosa kata yang kamu miliki juga bisa membantumu agar cepat paham saat membaca, lho. Makanya, rajin-rajin menelaah kosa kata atau istilah dari KBBI ya.

 

  1.       Skimming

Tapi, ada juga orang yang bisa memahami bacaannya dengan cepat melalui cara skimming. Yaitu cara membaca yang hanya fokus pada inti bacaan atau topik utamanya saja. Cara ini, bagi sebagian orang bisa sangat membantu untuk cepat memahami bacaan.

 

  1. Jarak ± 30 cm

Ketika sedang membaca, upayakan jarak pandangmu ± 30 cm. Jarak ini adalah jarak ideal agar otakmu tetap rileks ketika sedang membaca. Saat otak rileks, dia bisa lebih cepat menyerap informasi.

 

Cobain deh cara-cara ini, setidaknya cara ini akan membantumu untuk membaca cepat buku setebal apa pun dengan pemahaman yang baik. Oiya, buat latihannya, kamu bisa baca artikel-artikel yang ada di aplikasi ADSvokat juga, lho.

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.