Tips Agar Kuliah Nggak Ngantuk di Bulan Puasa
  • copy tautan!
subscribe

Tips Agar Kuliah Nggak Ngantuk di Bulan Puasa

17 May 2018

Bulan puasa kok bawaannya ngantuk mulu, ya? Padahal setiap harinya, kamu tetap harus masuk kuliah. Akhirnya, pas dosen lagi menerangkan pelajaran, kamu malah ngantuk, deh. Duh, gimana nih kalau kamu sampai ditegur sama dosen?

 

Pangkal masalah ngantukan di bulan puasa ini adalah pola tidur yang berubah dan rasa lapar. Tapi gimana, dong? Namanya juga bulan Ramadhan. Ya udah tenang, nih ADSvokat punya beberapa tips untuk menangkal masalah kantuk ini:

 

1.Tidur secukupnya

Upayakan untuk mengatur pola tidur yang seimbang. Tidur yang secukupnya saja, nggak lebih dan nggak kurang. Jika terlalu lama tidur, ritme gerak mata kamu akan terbiasa oleh rasa kantuk, deh. Kebanyakan tidur juga nggak baik untuk kesehatan kamu, karena dapat menimbulkan penyakit-penyakit baru seperti diabetes sampai depresi. Hal itu juga berlaku jika kamu kurang tidur.

 

2.Minum multivitamin

Multivitamin bisa membantu agar tubuh kamu tetap fit saat menjalani puasa. Selain itu, multivitamin juga bisa membuat kamu kuat menahan kantuk karena kandungan energi di dalamnya.

 

3.Minum air putih

Usahakan pada saat sahur kamu membiasakan diri minum air putih. Idealnya sih 3-4 gelas. Minum air putih akan membuatmu nggak gampang ngantuk. Karena air putih akan membantu menyuplai oksigen dalam otakmu.

 

4.Lakukan gerakan-gerakan kecil

Lakukanlah gerakan-gerakan kecil sederhana seperti menggelengkan kepala atau menarik tangan ke atas. Gerakan ini secara tak langsung bisa membuat tubuhmu segar lagi, lho. Soalnya memicu peredaran darah. Jadinya nggak ngantuk deh.

 

5.Tarik napas

Menarik napas dalam-dalam juga bisa menjaga kamu biar nggak ngantuk. Karena dengan menarik napas, suplai oksigen dan aktivitas dalam otak bisa meningkat. Akhirnya, konsentrasi kamu jadi tetap stabil.  

 

Jadi, selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, biasakanlah untuk melakukan beberapa tips tersebut. Agar ibadah puasa dan kuliah yang kamu laksanakan bisa lebih optimal. Ingat, satu amalan baik di bulan Ramadhan bisa menjadi berlipat-lipat lho pahalanya. Makanya, jangan sampai kantuk malah bikin aktivitasmu nggak berfaedah. Tetap bugar selama puasa #MasaGakMau?

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.