The Power of Hashtag
  • copy tautan!
subscribe

The Power of Hashtag

19 March 2018

Buat kamu yang terbiasa menggunakan berbagai macam platform sosial media pasti udah nggak asing lagi dengan istilah hashtag. Hashtag merupakan kata atau satuan frasa yang digunakan untuk menandai satu topik tertentu. Penandanya adalah simbol pagar (#) pada awal kata. Secara sederhana, hashtag adalah kata kunci yang berkaitan dengan

konten kamu.

Namun, yang mungkin belum kamu sadari bahwa hashtag fungsinya bukan cuma buat gaya-gayaan doang, lho. Hashtag merupakan salah satu tools marketing konten yang cukup ampuh. Hashtag punya fungsi agar konten yang kamu bagikan di Twitter, Instagram dan Facebook jadi makin sering dicari orang.

Berikut beberapa tip agar hashtag kamu bisa jadi magnet buat menarik lebih banyak orang untuk baca kontenmu:

  1.   Buat hashtag yang belum pernah ada

Pertama, kamu bisa melakukan observasi kecil-kecilan tentang hashtag yang belum dipakai oleh orang lain. Cara ini, memungkinkan kamu membuat trend hashtag baru dan kesempatanmu buat nongol di pencarian pertama semakin besar. Kamu bisa bikin hashtag dengan memakai namamu dan dicampur dengan kata tertentu. Contoh #CitraBerbagi, #FionaBersantai, #DistiDiary atau apa pun yang sesuai dengan namamu.

  1.   Ikutan hashtag dari topik kekinian

Selain itu, kamu juga bisa membuat hashtag yang sedang menjadi trend. Tapi, caranya ialah dengan memodifikasi hashtag tersebut dengan konten yang kamu bagikan. Kamu harus pandai mencari kaitannya. Misalnya, jika sekarang sedang musim hashtag #KomenNetizen, kamu bisa menyelipkan hashtag tersebut pada caption-mu. Hindari penggunaan hashtag yang mengandung kata ‘porn’, seperti #foodporn, dan beragam kata-kata yang mengandung makna seksual lainnya. Soalnya sekarang media sosial tertentu seperti Instagram telah melarang penggunaan kata-kata provokatif untuk dijadikan hashtag. Meskipun postingan kamu nggak mengandung unsur seksual sama sekali, namun penggunaan hashtag yang bernada tidak senonoh hanya akan membuat postingan kamu tidak keluar sama sekali di kolom pencarian hashtag.

  1.   Pakai hashtag yang pendek dan to the point

Usahakan hastag yang kamu bikin itu pendek saja dan to the point. Karena hal ini akan membuat hashtag-mu gampang dicari dan pesannya mudah diterima.

  1. Gunakan hashtag yang matching dengan konten

Agar konten kamu dicari banyak orang, kamu harus sebisa mungkin membuat postinganmu eye-catching. Tapi agar bisa menarik lebih banyak orang di luar followers-mu, jangan lupa untuk membuat hashtag yang berkaitan dengan konten yang kamu bagikan. Misalnya, ketika mengunggah video singkat tentang jajanan yang yummy banget, kamu bisa memakai hashtag #instafood atau #foodgram.

 

Nah, dari penjelasan soal memanfaatkan hastag ini, kamu bisa belajar untuk mengoptimalkan penggunaan hashtag. Karena hashtag bukan cuma buat gaya-gayaan atau lucu-lucuan. Hashtag bisa jadi cara biar konten kamu viral dan kamu makin ngeksis. #MasaGakMau?

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.