Siapa yang Mau Jadi Penulis Skenario Film?
  • copy tautan!
subscribe

Siapa yang Mau Jadi Penulis Skenario Film?

11 June 2018

Semua film pasti membutuhkan peran seorang penulis skenario. Karena, dialah orang yang bertugas untuk membuat cerita, dialog penokohan, hingga adegan-adegannya. Skenario film inilah yang menjadi dasar sutradara untuk membuat film.

 

Penasaran dengan profesi penulis skenario film ini?

 

Tenang, ADSvokat baru aja wawancara sama salah seorang penulis skenario film terkemuka Indonesia, lho. Beberapa skenario film terkenal pernah digarapnya, mulai dari film Ayat-Ayat Cinta, Habibie & Ainun, dan Posesif. Siapakah dia? Yuk, langsung kenalan aja.

Coba kak, perkenalkan dirinya…

Halo, perkenalkan, nama aku Retna Ginatri S. Noer. Saya dulu kuliah D3 di Broadcasting Universitas Indonesia dan S1 di Komunikasi Massa Universitas Indonesia. Sekarang profesi saya adalah penulis skenario film.

Apakah jurusan kuliahnya dulu ada kaitannya dengan profesi ini?

Ada. Tapi mungkin nggak secara langsung. Waktu kuliah dulu aku belajar soal programming dan ilmu komunikasi. Nah, inilah ilmu yang sebetulnya sedikit berperan banyak sama pekerjaanku sekarang. Meskipun dulu selalu terobsesi sama film, tapi dua ilmu itu yang justru membuatku melihat film bukan sekadar seni. Melainkan sebuah bentuk komunikasi agar bisa menjaring target audience yang dituju.

Apa hobi pas kuliah?

Aku sejak dulu hobinya baca buku dan nonton film. Tapi pas SMA aku udah mulai hobi bikin film pendek.

Apa saja sih kemampuan yang dibutuhkan untuk menulis skenario film?

Pertama riset. Kemampuan ini penting bagi seorang penulis skenario film, karena riset dibutuhkan untuk mengumpulkan unsur-unsur yang akan dimasukkan dalam film. Mulai dari setting tempat sampai penokohan. Kedua, wawancara. Ini juga diperlukan untuk membantu penulis skenario film membuat dialog tokoh. Ketiga, observasi. Kemampuan ini diperlukan untuk membangun adegan dalam film.

 

Bagaimana caranya agar bisa jadi penulis skenario film?

Banyak cara. Karena industri ini nggak ada rekrutmen khususnya. Pertama bisa lewat workshop film. Biasanya, ada production house yang mengadakan workshop penulisan skenario film. Dari workshop ini biasanya ada aja mereka yang karyanya bagus terus ditarik jadi penulis skenario film profesional. Kedua, bisa juga dari kegiatan magang. Dari magang pun nanti akan ditarik juga. Ketiga, melalui acara festival film. Biasanya para pemenang festival film akan langsung jadi perburuan orang-orang production house-nya.

 

Apa mata kuliah favoritnya dulu?

Investigasi. Ini mata kuliah yang melatih kepekaan dan keingintahuan aku. Bermanfaat untuk profesiku saat ini.

 

Mata kuliah apa yang harus ada di tiap kampus?

Bahasa indonesia. Karena, kemampuan menulis dengan bahasa Indonesia yang baik itu menunjukkan kerunutan berpikir.

Aku sering ketemu sama anak mahasiswa yang pengen wawancara untuk keperluan skripsi. Ketika lihat tulisannya, kerunutan berpikiranya nggak bagus dan kemampuan persuasifnya juga kurang. Hal ini karena mereka nggak punya kemampuan berbahasa yang baik.

Aku juga pernah beberapa kali mengadakan acara workshop penulisan skenario film ke kampus-kampus. Aku menemukan fenomena yang agak bikin sedih, sih. Anak-anak mahasiswa waktu disuruh nulis, ternyata hasilnya nggak lebih bagus dari tulisan anak kelas 4 SD.

Sehingga, aku rasa ini karena mereka tidak menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Makanya Bahasa Indonesia itu merupakan mata kuliah wajib yang harus selalu ada di tiap kampus.

Pesan untuk para mahasiswa?

Jadilah problem solver yang bisa menguraikan masalah. Milikilah mental belajar yang tinggi dan asah terus kemampuan berpikir kritis.

 

Kamu jadi tahu kan sekarang profesi penulis skenario film itu kayak gimana. Nah, buat yang memang punya obsesi sama dunia perfilman, boleh nih mulai dari sekarang dipersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis skenario film.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.