Podcast, Alternatif Buat Yang Malu Nge-Vlog
  • copy tautan!
subscribe

Podcast, Alternatif Buat Yang Malu Nge-Vlog

25 April 2018

Udah bukan zamannya lagi untuk kamu cuma jadi penikmat konten. Sekarang tuh waktunya kamu berlomba-lomba bikin konten. Mediumnya banyak, dari video sampai tulisan. Kamu bisa eksplor semua medium itu disesuaikan sama minat kamu.

Tapi, ada yang pernah dengan istilah podcast nggak, sih?

Podcast merupakan siaran suara digital yang bisa diakses melalui internet. Nama podcast sendiri berasal dari kata iPod dan broadcasting yang digabung jadi akronim. Emang awalnya podcast cuma tersedia di iPod, sih. Namun, kini sudah banyak podcast yang bisa diunduh secara bebas. Ada juga yang berbayar seperti yang tersedia di iTunes atau Spotify.

Agar kamu lebih jelas dan paham apa itu podcast, yuk simak wawancara ADSvokat bareng Adriano Qalbi yang merupakan stand up comedian sekaligus kreator podcast Awal Minggu di Youtube dan Soundcloud.

Adriano Qalbi

 

Bang Adriano, kapan sih pertama kali bikin podcast?

Kalau nggak salah sih sekitar bulan agustus 2015. Empat tahun setelah gue mendalami dunia stand up comedian.

Kenapa bikin podcast?

Awalnya karena pada saat itu gue pengen menambah kuota bacaan gue. Tapi, sejujurnya gue itu orangnya agak susah menyerap informasi dari proses membaca. Karena gue kayak punya disleksia ringan gitu. Jadi agak merasa kesulitan kalau disuruh baca. Nah, makanya ketika tahu ada yang podcast audiobooks, gue langsung tertarik. Gue bisa tahu isi buku itu dari proses mendengarkan. Enak dan nyaman banget. Soalnya gue bisa dengerin kapan pun, di manapun, dan gue sambi ngerjain apapun. Makanya gue jadi suka podcast. Dari situ, gue tahu kalau podcast itu punya kategori dan temanya beragam. Dari mulai exercises, science, sampai comedy. Bahkan lo pun bisa belajar ilmu marketing juga dari podcast.

Terus, gue jadi tertarik buat bikin podcast sendiri. Semata-mata karena ingin menjaga jiwa kreatif gue dan biar tetap bisa konsisten ngasih konten buat followers gue.

Lagi pula, menurut gue, podcast itu medium yang murah cara bikinnya dan efektif. Karena modalnya cuma alat perekam aja. Dan nggak harus ribet ngedit. Kalau vlog, lo kan harus punya kamera, tripod, dan tools buat ngedit videonya.

Ada tema khusus nggak kalau bikin podcast?

Nggak ada. Gue ngalir aja bikinnya. Temanya bebas. Kadang gue ngundang bintang tamu juga di podcast Awal Minggu. Tapi, gue sebenarnya memanfaatkan podcast itu sebagai medium buat mengasah materi jokes stand up gue. Nah, dari situ keliatan juga akhirnya point of view gue itu di tema comedy.

Cara bikin podcast gimana, bang?

Lo cuma butuh perekam suara dan platform digital buat publikasi, misal kayak Soundcloud dan Youtube. Rekam, jadi, dan tinggal upload deh.  

Oiya, kalau boleh tahu dulu kuliahnya di mana, bang?  

Gue dulu lulusan SMAN 70 Jakarta. Terus kuliah di Bond University, Australia. Lulus, langsung kerja sebagai penulis iklan. Sempat juga jadi penyiar di Hard Rock FM Jakarta. Sekarang kerja sebagai tenaga kreatif di production house Visinema Pictures yang bikin film Love for Sale dan Filosofi Kopi.

Kira-kira podcaster (penyiar podcast) bisa jadi profesi nggak, ya?

Nggak. Belum bisa. Soalnya podcast belum begitu dilirik sama brand sebagai medium beriklan yang efektif. Walaupun gue pernah sempat dapet duit dari konten podcast gue pas awal baru bikin. Tapi, nggak gede. Karena ya podcast ini belum hits di Indonesia.

Bang Adriano suka dengerin podcast siapa aja?

Banyak sih. Kayak Postinor, Subjective sama Intan Badut Romantis tuh gue dengerin juga.

Menurut bang Adriano, kapan podcast bisa jadi hits?

Kalau ada orang famous yang bikin podcast ini viral. Bisa juga kalau ada sekelompok orang yang memobilisasi konten podcast ini.

Apa pesan kamu buat mahasiswa yang mau bikin podcast?

Udah bikin aja. Kalau lo nggak bisa nulis blog dan malu kalau harus nongol di vlog, lo bisa manfaatin podcast buat itu.  

 

Ternyata bikin podcast nggak susah, ya. Mungkin podcast bisa jadi alternatif buat kamu yang pengen berkarya dengan modal suara aja. Atau mungkin kamu juga bisa bikin podcast bareng dengan teman-teman kampusmu. Dari cuma diskusi tongkrongan biasa, siapa tahu kalian malah bisa mengubah dunia dengan ocehan hasil pemikiran bersama kalian. Yuk, bikin podcast!

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.