Persiapan yang Harus Dilakukan Untuk Puasa Ramadhan
  • copy tautan!
subscribe

Persiapan yang Harus Dilakukan Untuk Puasa Ramadhan

16 May 2018

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, nih. Semua umat muslim sedunia bersiap diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Baik persiapan lahiriah dan batiniah.

 

Persiapan-persiapan ini penting dilakukan agar nanti puasa kita bisa lebih maksimal. Juga sebagai antisipasi supaya saat puasa kita nggak batal di tengah jalan. Pokoknya saat puasa kita harus sehat walafiat, deh.

 

Makanya, sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kamu harus melakukan beberapa persiapan berikut ini:

 

  1. Persiapan fisik

Persiapan fisik sebelum bulan puasa mungkin terdengar sedikit lebay. Udah kayak mau naik gunung atau ikut pertandingan bola aja, deh. Tapi, jangan salah. Untuk menjalani ibadah puasa yang mengharuskan kamu menahan makan dan minum selama kurang lebih 13 jam lebih, kamu harus punya persiapan fisik yang matang, lho. Makanya upayakan jelang puasa kamu melakukan olahraga ringan dan tidur yang cukup. Ini sangat membantu ketahanan fisik kamu saat menjalani puasa.  

 

  1. Persiapan bahan makanan

Persiapan bahan makanan ini juga penting banget, lho. Namun, upayakan kamu lebih banyak menyediakan stok sayuran dan buah-buahan ya, daripada makanan olahan. Karena, sayuran dan buah-buahan baik untuk menjaga metabolisme tubuh saat puasa.

 

  1. Persiapan mental

Saat puasa kita juga wajib melakukan persiapan mental. Karena ketika sedang puasa kita bukan hanya dituntut menahan lapar dan dahaga saja, melainkan juga menahan emosi. Jadi, pastikan selama puasa, mental kamu sudah kuat untuk bisa mengontrol emosimu.

 

  1. Persiapan dana

Yang nggak kalah penting adalah persiapan dana. Karena biasanya saat bulan puasa, pengeluaran kamu akan bertambah karena pasti ada aja pengeluaran tak terduga. Misal, teman-temanmu ngajak iuran buat acara buka bersama.

 

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang mesti dipersiapkan menjelang puasa di bulan Ramadhan nanti. Setidaknya, persiapan ini bisa sekaligus membuat niatmu semakin mantap saat menjalankan ibadah puasa dan juga agar tidak mengganggu kegiatan sehari-harimu. Selamat melakukan persiapan! Selamat menunaikan ibadah puasa ya!

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.