Pekerjaan Yang Pas Buat Kamu yang Suka Sama Data
  • copy tautan!
subscribe

Pekerjaan Yang Pas Buat Kamu yang Suka Sama Data

28 May 2018

Ternyata peluang kerja bagi anak jurusan ilmu komputer itu nggak cuma terbatas coding aja, lho. Ada banyak peluang yang juga bisa dijajal. Seperti menjadi data analyst dan researcher.  Untuk lebih tahu banyak soal dua profesi yang berhubungan dengan data ini, yuk kenalan dulu sama kak Nenden Sekar Arum, seorang Data Analyst di KataData.

Silakan perkenalkan diri…

Nama aku Nenden Sekar Arum. Saya dulu kuliah S1 jurusan Teknik Informatika di Universitas Muhamadiyah Surakarta. Terus, lanjut S2 jurusan Computer Science di University of Birmingham, Inggris dengan sponsor beasiswa LPDP. Sekarang aku bekerja sebagai data analyst dan researcher di KataData.

 

Dulu, waktu kuliah kegiatannya ngapain aja kak?

Aku dulu aktif di beberapa UKM. Dari mulai Lembaga Pers Kampus sampai klub bela diri. Tapi, di antara kegiatan itu, aku juga menyelinginya dengan hobi lain seperti membaca buku dan menulis.

 

Apakah pekerjaan sekarang ada hubungannya sama kuliah dulu?

Ada dong pastinya. Karena dulu kan di jurusan komputer aku juga berkutat dengan data. Misalnya, waktu di Inggris aku belajar tentang Intelligent Data Analysis dan Data Visualisation. Tentu, mata kuliah ini sangat membantu pekerjaanku sekarang. Karena aku harus mempunyai kemampuan untuk memahami dan menganalisa data.

 

Kerjaan sehari-harinya apaan kak?

Kerjaanku banyak sih, hehehe. Soalnya aku kan researcher yang juga merangkap sebagai data analyst. Tapi, so far pekerjaan aku fokus sama dua hal, sih. Pertama fokus sama data. Aku kerjaan sehari-harinya adalah mengumpulkan, memahami, mengolah dan menvisualisasikan data yang kompleks menjadi informasi mudah dicerna. Makanya, tiap minggu aku juga punya deadline satu tulisan interpretasi data.

 

Terus, aku juga ada tanggung jawab untuk mengurus kliennya KataData. Kerjaannya meeting sama mereka untuk membahas keperluan klien. Misal, ada klien yang perlu publikasi data, nah aku bertugas untuk mengarahkan panduan dan arahnya nanti kemana.

Sehari-hari perkerjaanku ya fokus sama dua hal itu.

 

Menurut kakak kira-kira mata kuliah apa yang harus ada di setiap jurusan dan kampus?

Alogaritma dan data analisis statistik. Karena menurutku dua mata kuliah itu akan terus terpakai. Dari mulai skripsi sampai mereka bekerja. Dua mata kuliah itu juga akan melatih mereka belajar berpikir kritis.

 

Apa pesanmu untuk para mahasiswa?

Selagi masih kuliah, upayakan untuk terus aktif di organisasi yang sesuai dengan minat kalian. Karena, secara tak langsung kegiatan itu juga akan mengasah skill kalian. Pokoknya, terus kembangkan segala kemampuan kalian. Jangan ragu untuk berinvestasi untuk proses pengembangan diri, misalnya ikut workshop atau paket pelatihan keahlian khusus. Ini penting. Karena dunia kerja itu tantangannya banyak banget.

 

Kamu yang tertarik untuk menjadi seorang data analyst dan researcher, bisa mulai sekarang belajar mengembangkan diri. Karena, beneran lho, dunia kerja itu tantangannya besar banget. Mau nggak mau, kamu harus siap. Selamat berjuang, ya!

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.