Mengenal Wikipedia Lebih Jauh
  • copy tautan!
subscribe

Mengenal Wikipedia Lebih Jauh

10 July 2018

Siapa yang kalau nyari bahan tugas kuliah selalu mampir di Wikipedia? Hayo ngaku…

 

Yakin deh, waktu mencari bahan tugas dengan cara googling, seenggaknya pasti pernah mampir ke situs Wikipedia. Minimal, ketika kalian mencari sebuah definisi dari topik tertentu. Nah, kali ini ADSvokat akan mengajak kalian berkenalan dengan situs Wikipedia melalui Bonaventura Aditya Perdana yang merupakan trainer di Wikipedia Indonesia.

Pria yang akrab disapa Bona ini menjelaskan bahwa Wikipedia merupakan situs ensiklopedia online populer yang diniatkan untuk merangkum berbagai pengetahuan lengkap. “Di Wikipedia kami punya tagline, bunyinya ‘bebaskan pengetahuan’. Tujuannya semata-mata agar semua bisa mengakses pengetahuan dan informasi yang sama,” ujarnya.

Situs Wikipedia sendiri didirikan oleh Jimmy Wales melalui lembaga nirlaba bernama Wikimedia. “Karena ini organisasi nirlaba, jadi biaya operasional kami untuk menjalankan Wikipedia didapat dari donasi. Jumlahnya lebih dari cukup kok untuk membiayai ongkos operasional Wikipedia.”

Selain itu, sebagai situs yang ingin membebaskan pengetahuan, Wikipedia juga sangat terbuka bagi setiap orang yang ingin berbagi pengetahuan. “Wikipedia bisa ditulis dan disunting oleh siapa pun. Merekalah yang disebut sebagai seorang Wikipediawan,” ucap Bona. Maka dari itu, Bona juga aktif mengajak orang-orang untuk menjadi Wikipediawan melalui program Wikilatih.

“Cara untuk menjadi Wikipediawan juga mudah, tinggal membuat akun di Wikipedia dan jalankan,” ujar Bona. Lalu, menurut Bona menjadi Wikipediawan juga punya banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah ini:

  1. Mengasah kemampuan menulis dan berbahasa

Dengan menjadi Wikipediawan, secara tak langsung ini akan melatih kemampuan menulis kita. Nggak cuma kemampuan menulis biasa saja, melainkan kemampuan menulis dengan bahasa yang baik dan benar. Karena, ketika menulis untuk Wikipedia, semua Wikipediawan harus patuh kepada semua kaidah berbahasa yang diberlakukan.

  1. Mengembangkan wawasan

Melalui Wikipedia, kita juga juga diberi kesempatan untuk terus mengembangkan wawasan yang kita miliki. Nggak cuma baca aja, melainkan juga menggali topik tertentu dengan cara menuliskannya.

  1. Menambah jaringan pertemanan

Selain dua manfaat tadi, kita juga bisa menambah jaringan pertemanan. Karena, meskipun Wikipedia bukan situs jejaring sosial, tapi ada grup-grup Wikipedia yang mengadakan kopi darat rutin.

Tentunya, masih banyak manfaat lain dengan menjadi Wikipediawan. Makanya, ayo mulai menjadi Wikipediawan juga. Biar nggak cuma baca dan copy-paste artikel di Wikipedia doang.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.