Marvin Suwarso: Make Your Own Path
  • copy tautan!
subscribe

Marvin Suwarso: Make Your Own Path

17 August 2018

Setiap orang bebas untuk membuat jalur karirnya sendiri. Tak harus selalu sesuai dengan satu panduan sukses saja. Asalkan punya tujuan, jalur karir bisa diciptakan sendiri. Prinsip inilah yang dipraktekkan oleh Marvin Suwarsono, ACTION Coach Certified Indonesia selama masa karirnya.

 

Mulanya Marvin adalah pemuda yang hanya ingin menjalani karir sesuai jalur yang biasa ditempuh orang kebanyakan. Marvin menjalani kuliah sarjananya di Purdue University Krannert School of Management, Amerika kemudian melanjutkan di Penn State University, Ameika untuk gelar meraih gelar MBA. Pada masa itu Marvin merasa bahwa karirnya sudah berada di jalur yang benar. Kuliah dengan baik, lulus, dan kemudian bekerja di perusahaan dengan posisi yang cemerlang.

 

Dan benar saja, setelah lulus kuliah Marvin akhirnya benar-benar menapaki karirnya di bidang marketing untuk perusahaan Ken Blanchard Company. Namun, pada satu titik Marvin merasakan kejenuhan. “Pada satu momen saya merasa bahwa hidup saya meaningless, dan saya berusaha untuk keluar dari sana” katanya. Akhirnya ia memutuskan kembali ke Indonesia dan membaktikan dirinya di negaranya.

 

Ketika pulang ke Indonesia, Marvin mulai belajar lagi dengan mengembangkan Sekolah Kembang yang didirikan oleh ibunya. Marvin berusaha membenahi sistem Sekolah Kembang, dari sistem keuangan hingga membuat budaya belajar yang berbeda dengan sekolah lainnya. Di sekolah Kembang, guru dilarang melontarkan pertanyaan ‘mau jadi apa jika besar nanti?’ kepada murid. Karena pertanyaan ini, menurut Marvin, hanya akan membuat orang terkungkung pada jalur tertentu. Jika ketahuan ada yang menanyakan pertanyaan ini, maka akan mendapatkan denda sebesar Rp. 100.000,-. Dan hasilnya terbukti, setiap tahun jumlah murid baru selalu meningkat. Sistem sekolah yang dibuat oleh Marvin mampu meyakinkan banyak orang tua untuk menitipkan anak mereka di sekolahnya.

 

Setelah sukses mengembangkan Sekolah Kembang, Marvin pun membeli franchise pelatihan bisnis bernama ACTION Coach dari Amerika Serikat. Melalui bisnisnya ini, lelaki yang sempat jadi asisten pelatih sepakbola di Pennsylvania, Amerika Serikat ini bisa belajar bersama dengan orang atau perusahaan yang ingin terus mengembangkan diri.

 

Marvin juga berpesan kepada generasi muda agar tak lelah untuk terus mengembangkan dirinya. “Jangan pernah merasa menjadi spesial dan merasa puas. Karena, dunia ini penuh dengan ketidakpastian. Oleh karena itu, kalian harus menciptakan jalan karir sukses sendiri. Make your own path,” tegasnya.

 

Kalian ingin tahu bagaimana caranya membuat jalan karir sendiri?

 

Yuk, datang ke acara ADSvokatX Youth Conference di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan pada hari Minggu, 29 April mendatang. Marvin Suwarso akan secara blak-blakan membongkar rahasia cara membuat jalan karir sukses sendiri. Segera daftarkan dirimu di sini http://bit.ly/YouthXConference_PC #MasaGakMau?

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.