Lulus Tepat Waktu atau Di Waktu yang Tepat?
  • copy tautan!
subscribe

Lulus Tepat Waktu atau Di Waktu yang Tepat?

05 April 2018

Dunia kuliah adalah masa dimana kamu jadi sang penentu proses menimba ilmu sendiri. Tidak ada pengajar yang mewajibkan kamu masuk kelas, tidak ada hukuman jika kamu tidak mengerjakan tugas. Kesuksesan kamu di masa kuliah ditentukan oleh diri kamu sendiri. Waktu kelulusanmu pun ditentukan oleh dirimu sendiri.

 

Makanya wajarlah kalau orang jadi suka kepo nanyain kamu “Kapan lulus?”. Mereka ingin tahu seberapa besar keseriusan kamu untuk bisa lulus kuliah. Baik lulus tepat waktu ataupun lulus di waktu yang tepat.

 

Eh, kamu tahu bedanya nggak antara lulus tepat waktu dengan lulus di waktu yang tepat? Simak nih penjelasan berikut…

 

Lulus Tepat Waktu

Lulus tepat waktu artinya lulus sesuai dengan aturan akademik. Mata kuliah yang kamu ambil sudah sesuai dengan porsi ideal SKS dan tugas skripsi diselesaikan sesuai dengan deadline. Normalnya untuk lulus tepat waktu S1 itu memakan waktu sekitar 4 tahun. Bisa juga dalam 3,5 tahun saja kamu lulus. Itu kalau kamu memang termasuk mahasiswa yang rajin banget.

 

Salah satu keuntungan lulus tepat waktu adalah kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk melamar pekerjaan. Karena pada umumnya, perusahaan terbuka sekali dengan fresh graduate yang rentang usianya masih di bawah 25 tahun. Apalagi saat ini banyak perusahaan memiliki program management trainee khusus untuk yang baru lulus kuliah.

 

Namun lulus tepat waktu bisa juga jadi jebakan batman, lho. Lulus tepat waktu bisa membuat kamu kurang punya waktu untuk mengasah soft skill yang biasanya didapat dari kerja magang atau aktif berorganisasi. Sehingga CV kamu yang terlihat polos-polos aja tampak kurang menarik di mata perusahaan.

 

Lulus di Waktu yang Tepat

Di sisi lain, ada mahasiswa yang waktu kuliahnya bisa melampaui 4 tahun. Biasanya mahasiswa seperti ini terjebak dalam keasyikan beraktivitas di organisasi. Ada juga yang memang sudah  merencanakan waktu kelulusannya sendiri tanpa terpaku dengan aturan akademik. Biasanya mereka yang seperti itu karena menyambi kerja atau usaha kecil-kecilan.

Keuntungan yang bisa didapat oleh mahasiswa yang seperti ini adalah bisa punya banyak pengalaman sebelum lulus. Soft skills-nya sudah agak terasah, berjiwa mandiri,

problem solver, dan sudah punya jaringan koneksi. Nah, ketika semuanya sudah dirasa cukup, barulah ia memutuskan untuk lulus di waktu yang tepat.

 

Meskipun kedengerannya seru, tapi kerugian dari keputusan lulus di waktu yang tepat juga banyak. Mulai dari stres karena tekanan orang tua untuk segera lulus, terbayang-bayang ancaman drop out, hingga ketakutan ditolak perusahaan karena lulusnya lama lantaran dianggap sebagai mahasiswa malas yang kebanyakan main.

 

Jadi baiknya gimana, dong?

Mau yang lulus tepat waktu ataupun lulus di waktu yang tepat, dua-duanya punya konsekuensi masing-masing. Ingin lulus kuliah tepat waktu atau bahkan lulus cepat hanya dalam jangka 3,5 tahun saja tentu pilihan yang bagus. Tapi, jangan sampai kamu hanya terpaku dengan teori yang diajarkan di ruang kuliah saja. Kamu juga harus mencari pengalaman di luar kampus. Sebab, pada akhirnya pengalaman tersebut yang bakal menjadi pertimbangan perusahaan merekrut kamu. Pengalaman selalu menjadi nilai plus di mata perusahaan.

 

Jika ingin lulus kuliah di waktu yang tepat juga nggak apa-apa, kok. Apalagi kalau kamu memang punya fokus di bidang lain yang bisa mengembangkan dirimu. Tapi sekali lagi, jangan pernah terbuai dengan keseruan aktivitas semasa kuliah sampai bikin kamu malas untuk menyelesaikan kuliah. Karena bagaimanapun, ilmu yang diajarkan di kampus juga penting. Jangan pernah sia-siakan waktumu. Apalagi kalau kita ngomongin biaya. Biaya kuliah tiap semester nggak murah, cuy. Makanya, carilah pengalaman yang memang berguna sebagai bekal bekerja setelah lulus nanti.

 

Masih bingung ingin lulus tepat waktu atau lulus di waktu yang tepat?

Coba datang ke acara ADSvokatX Youth Conference, deh. Di sana akan ada para praktisi yang ahli di bidangnya. Mereka akan membahas langkah-langkah pasti yang harus kamu ambil biar kuliah dan masa kerjamu sukses.

Catat tanggalnya, ya. Acaranya hari Minggu, 29 April 2018, di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan, jam 1 siang. #MasaGakMau?

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.