Kenapa Kamu Kuliah?
  • copy tautan!
subscribe

Kenapa Kamu Kuliah?

04 April 2018

“Kenapa kamu kuliah?”

 

Kira-kira pertanyaan seperti inilah yang mestinya rutin kamu tanyakan kepada diri sendiri. Sebab, pertanyaan ini akan membuatmu sejenak merenungkan apa tujuan kuliahmu. Biar di kemudian hari kamu tidak menyesal karena merasa kuliah cuma seperti siklus formalitas belaka: kuliah – dapet IPK gede – wisuda & ijazah – kerja di perusahaan.

Padahal, tujuan kuliah itu luas banget dan nggak melulu tujuannya buat cari kerja. Kamu harus mau mencari tahu tujuan sesungguhnya ketika melanjutkan kuliah. Soalnya tujuan inilah yang akan mengarahkan kita dalam mencapainya. Nah, kira-kira bagaimana para ADSvokator tentang ini ya?

Kenapa kamu kuliah?

 

Haikal Amhar, Mahasiswa Manajemen UPN Jakarta:

“To create a better future. Karena kuliah adalah lampu penerang karir kita di masa depan. Jadi, kita jadi selalu punya panduan dalam menapaki hidup.”

 

 

Bastiyan, Mahasiswa Advertising Universitas Budi Luhur:

“Kuliah karena ingin menambah ilmu dan pengetahuan seputar jurusan yang diambil dan ingin meraih jabatan tertinggi di perusahaan.”

 

 

Syifa Kirana, Mahasiswi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta:

“Karena saya ingin memperluas pengetahuan, peluang masa depan yg lebih baik, dan lebih bermoral.”

 

 

 

Didiet Yuditha Kesuma, Mahasiswa Sosiologi Universitas Padjajaran:

“Secara normatif, kuliah berfungsi sebagai wadah untuk mengasah pengetahuan dan menambah pengalaman, juga sejaring sosial (networking). Tapi selama aku kuliah, hal yang paling dirasa adalah belajar bagaimana cara ‘bertahan hidup dan proses pendewasaan’.

Artinya aku belajar gimana mengatur waktu, menetapkan skala prioritas, belajar mandiri, belajar mengambil keputusan beserta menerima konsekuensinya, belajar saving, bijak dalam pengeluaran, mulai memikirkan mau jadi apa (dengan ilmu yang sudah didapat dari perkuliahan), mulai gimana caranya bisa dapetin pemasukan, dan yang terpenting adalah belajar dalam hal perencanaan selama beberapa tahun kedepan bakal ngapain.”

 

 

Rara Nabila Najib, Mahasiswi Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor

“Untuk membentuk mindset yang baik dan sistematis. Karena mindset adalah dasar yang menentukan bagaimana cara kita bersikap dan mengambil keputusan.”

 

Ternyata jawaban dari teman-teman ADSvokator keren-keren dan cukup beragam. Namun, semua punya benang merah yang sama dan terringkas oleh jawaban dari Rara. Yaitu, tujuan inti dari kuliah adalah membentuk pola pikir agar semakin baik dan sistematis. Karena, mindset yang baik dan sistematis, secara tak langsung akan memudahkanmu ketika ingin mencapai suatu tujuan.

 

Proses yang terkembang tanpa sadar ini sebetulnya terjadi dalam kegiatan sehari-harimu di kampus. Misal, ketika menerima pelajaran dari dosen, kamu sebetulnya bukan hanya sekedar belajar saja, lho. Kamu itu juga sedang mengasah nalar kritis. Atau ketika kamu berkomunikasi teman, kamu juga tanpa sadar sedang belajar untuk memahami karakter orang lain.

 

Tapi ingat, mengembangkan mindset di kampus itu kadang nggak cukup. Kamu juga harus mencarinya di luar kampus. Kebetulan nih, tanggal 29 April 2018 ADSvokat akan menyelenggarakan ADSvokatXYouth Conference. Di konferensi mahasiswa ini kamu akan diajrai cara membangun Successful Mindset untuk kesuksesanmu setelah kuliah.

Penasaran? Segera daftarkan dirimu di sini http://bit.ly/YouthXConference_PC. GRATIS, kok. #MasaGakMau?

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.