Hal-hal Yang Harus Dilakukan Maba Saat Semester Pertama
  • copy tautan!
subscribe

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Maba Saat Semester Pertama

08 June 2018

Jadi mahasiswa baru (maba) itu pasti banyak suka dukanya. Apalagi, masa kuliah di kampus merupakan lingkungan baru yang harus mereka jalani. Dan biasanya, butuh proses untuk beradaptasi dengan lingkungan baru ini.

 

Makanya, untuk masa-masa awal jadi maba, selalu ada tugas-tugas khusus yang harus dilakukan oleh para maba ini. Ya, kayak shock terapy buat mahasiswa gitu, deh. Nah, yuk kita kulik langsung hal-hal apa yang harus dilakukan maba saat semester pertama sama para ADSvokator:

 

  1. Tugas makalah

Aku pas masih maba, di semester pertama udah dibombardir sama tugas makalah. Aku harus bikin makalah dan laporan praktek, terus bikin presentasinya juga. Waktu itu agak capek juga sih, karena aku juga nggak terlalu suka sama beberapa topik makalahnya. Tapi gimana lagi. Namanya juga maba, jadi harus nurut.

Farah Alya Nurani, mahasiswi Jurusan Fisioterapi, Poltekkes Kemenkes Jakarta III

 

Memang kalau jadi maba semester pertama itu harus sabar. Nah, kalau kamu juga sering dapet tugas makalah yang menumpuk waktu semester pertama, jangan ngeluh. Ternyata, ini memang budayanya buat maba. Biar bisa melatih mental survive kalian di dunia kampus.

 

  1. Tugas bikin video tutorial

Waktu masih maba semester pertama, aku dapet tugas bikin video-video tutorial gitu. Ini melatih banget aku supaya lebih tahu prosedurnya kalau mau menjalankan sebuah tools komputer. Kebetulan aku juga sama tugas-tugas ini.

Banu Ari Ramadhan, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jakarta

 

Maba semester pertama juga dilatih untuk terlebih dahulu buat memahami jurusannya terlebih dahulu. Maka jangan heran, misalkan kalau kamu anak IT, kamu disuruh bikin video tutorial. Ini biar kamu matang memahami berbagai macam prosedur tools dalam komputer.

 

  1. Tugas ke lapangan

Waduh, pas masih maba semester pertama tugasnya lumayan banyak banget. Berhubung aku jurusannya Komunikasi di bidang Public Relations, jadi aku banyak banget prakteknya ke lapangan. Ini yang bikin capek. Tapi harus tahan. Maklum masih semester pertama.

Sri Rahmidilla, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Djuanda Bogor

 

Maba semester pertama juga harus tahan banting. Apalagi yang jurusannya banyak praktek lapangannya. Praktek di lapangan ini secara tak langsung akan melatih kecakapan kamu.

 

  1. Quiz

Pas jadi mahasiswa semester pertama itu aku banyak banget dikasih quiz. Tiap hari selalu ada aja quiz. Jadi tiap hari aku belajar materi kuliah terus. Soalnya kan aku anak ekonomi. Jadi pas awal memang harus dibikin mateng sama pengetahuan dasar soal ilmu ekonomi.

Muhammad Hilman, mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

 

Kalau anak semester pertama biasanya sih memang harus kuat menghadapi ujian harian atau quiz. Metode ini sangat melatih mahasiswa semester pertama agar pemahamannya soal tiap materi kuliah itu kuat. Jadinya kan pas UAS nggak susah-susah banget. Karena udah dicicil sama quiz.

 

Buat yang masih mahasiswa semester satu, mungkin pengalaman-pengalaman dari ADSvokator ini bisa jadi gambaran kalau semua maba itu ya kayak gitu. So, terima aja ya. Lalu, buat kamu yang udah semester atas kalau punya pengalaman yang seru pas jadi maba, boleh dong share ke kita via Instagram @ADSvokat

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.