Gara-gara Iseng, 3 Seniman Ini Sukses dan Hits di Kalangan Anak Muda
  • copy tautan!
subscribe

Gara-gara Iseng, 3 Seniman Ini Sukses dan Hits di Kalangan Anak Muda

15 March 2018

Di era digital seperti sekarang, apapun bisa ngehasilin duit. Tinggal gimana kamu mulai serius untuk mengembangkan potensi dirimu. Misalkan dari hobi isengmu waktu masih kecil dulu. Pernah nggak kamu coret-coret tembok pakai spidol atau crayon? Atau saking nakalnya, kamu pakai lipstik mama kamu buat gambar di kaca? Mungkin kamu berpikir kalau itu cuma keisengan belaka. Tapi, pernah kepikiran nggak kalau keisengan itu justru merupakan bakat terpendam kamu?

 

Jangan pernah remehkan keisengan kamu itu. Karena, bisa jadi hal-hal yang kamu anggap iseng dan sepele itu bisa kamu kembangkan jadi lebih bermanfaat. Soalnya itulah yang dilakukan oleh 3 seniman keren ini:

 

  1.      Lala Bohang, Illustrator

Perempuan ini merupakan salah satu illustrator yang sedang hits di kalangan anak muda. Lala mulai menunjukkan minatnya pada seni menggambar saat ia mulai iseng memakai alat lukis milik ayahnya.

Salah satu karya Lala Bohang (Lalabohang.com)

Ketika lulus SMA, perempuan kelahiran Makassar ini melanjutkan kuliah di Jurusan Arsitek Universitas Parahyangan, Bandung.

 

Lewat buku The Book of Forbidden Feelings dan The Book of Invisible Question, karya-karyanya mulai banyak dikenal. Dalam buku tersebut, karakter ilustrasi Lala didominasi warna monokrom yang simpel dan kreatif. Ia menyebut aliran dalam karya ilustrasi bukunya sebagai “the Aesthetic of Boredom”, di mana ia bisa mengubah rasa bosannya dengan cara kreatif.

 

Sampai sekarang, Lala sudah memamerkan karya-karyanya pada berbagai pameran seni di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, sampai Darmstadt, Jerman.

 

  1.      Darbozt, Seniman Grafiti

Jangan remehkan keisengan kamu saat coret-coret tembok pakai cat pilox. Mungkin itu merupakan bakat terpendam yang kamu miliki.

Karya Darbotz (Thedarbotz.com)

Berawal dari hobi menuliskan nama gengnya dengan pilox saat SMA, Darbozt justru menemukan jalan hidupnya sebagai seniman graffiti.

 

Ia mulai rajin menghias tembok-tembok di Jakarta dengan karya-karya graffitinya. Ia mengakui, membuat graffiti adalah caranya untuk mencintai kota Jakarta.

 

Meskipun Darbozt sempat ditangkap satpol PP karena aksi isengnya ini, ia tidak langsung putus asa. Perlahan, ia justru mulai serius menekuni keisengannya dengan membuat ikon signature bernama “Monster Ball”. Hasilnya, pria ini juga dikenal sebagai seniman graffiti yang punya karakter kuat.

 

Bahkan ada seorang pengusaha yang menyewa jasanya untuk menghias dinding sebuah gedung hotel. Tak sampai di situ saja, brand sepatu terkenal DC Shoes pernah memakai jasa Darbozt untuk produksi sepatu mereka. Keren banget, kan?

 

Karena berbagai pencapaiannya ini, Darbozt juga sering diundang untuk menghadiri acara-acara pameran Internasional.

 

  1.      Eko Nugroho, Seniman Gambar

Bermula dari iseng mencoret-coret tembok rumah orang dengan batu bata merah, Eko Nugroho akhirnya menemukan bakat emasnya. Kini ia menjadi salah satu pelaku seni yang mampu memanfaatkan seni sebagai tempat untuk berbagi pesan-pesan kehidupan. Eko meyakini, jika kita bisa memaknai kehidupan dengan baik, maka Tuhan akan selalu mengingatkan kita.

Karya Eko Nugroho (Ekonugroho.or.id)

Dalam karyanya, Eko sering ‘meminjam’ bentuk visual idiom Petruk dari komik karya Tatang. S., atau seni visual rakyat lainnya, misalnya stiker di angkot.

 

Eko Nugroho berusaha membuat ledakan dari referensi-visual yang menghasilkan sebuah dunia yang ganjil, tak masuk akal, tapi dapat ‘menyihir’ dan membuat orang lain terpesona ketika melihatnya. Namun di baliknya, Eko juga sering menyelipkan pesan-pesan persatuan bangsa dan kritik satir untuk isu-isu politik di Indonesia.

 

Karena bakat isengnya ini, Eko sempat melalang buana ke berbagai negara, dari mulai Asia hingga ke Eropa. Bahkan, ia pernah menjadi tamu dalam acara 10th Gwangju Biennale di Korea Selatan.

 

Ia sadar kalau seni menggambar bisa menjadi terapi yang baik bagi anak-anak, maka dari itu pria ini mendirikan Eko Nugroho Art Class for Kids yang menjadi wadah untuk mengembangkan mental kreativitasnya.  

 

Dari 3 tokoh seniman gambar ini kamu bisa mulai menyadari bahwa keisengan itu nggak selamanya buruk. Mungkin keisengan ini juga bisa jadi tanda kalau kamu punya bakat di bidang tersebut. Karena itu, kamu mesti percaya diri dan berani menggali potensi itu. #MasaGakMau jadi sukses karena sebuah keisengan?

(Dari berbagai sumber)

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.