Daniel Tumiwa: Kesuksesan Adalah Opsi
  • copy tautan!
subscribe

Daniel Tumiwa: Kesuksesan Adalah Opsi

02 April 2018

Kamu pasti tahu bahwa cara untuk mencapai sukses itu beragam banget. Nih, ada satu cerita mengenai kesuksesan dari Chief ADSvokators, Daniel Tumiwa yang bisa menarik buat kamu simak.

Daniel Tumiwa ternyata punya banyak pengalaman unik ketika berproses untuk mencapai tujuannya. Ia memulai proses itu sejak masih duduk di bangku SMA. Saat itu, ia sudah mulai belajar bekerja sebagai asisten juru masak di sebuah restoran setiap akhir pekan. Maka wajar saja jika pada waktu itu ia bermimpi ingin menjadi chef di masa mendatang. Namun pada tahun 1989, ia tinggalkan mimpi itu dan banting setir dengan  memilih jurusan Hubungan Internasional di Universitas Katholik Parahyangan, Bandung. Alasannya, karena ia juga ingin menjadi pekerja sosial di lembaga internasional seperti orang tuanya.

Begitu menginjak bangku kuliah, jiwa mandiri Daniel Tumiwa sudah makin menggebu. Daniel bertekad tidak ingin merepotkan orang tua lagi. Dengan semangat itu Daniel membuka berbagai opsi agar ia bisa mendapat uang lebih semasa kuliah. Ia pun memulainya dengan training di radio Prambors. Bekal magang itu membuka pintunya untuk bekerja sebagai penyiar di radio OZ Bandung. Dari situlah kesempatan karir Daniel Tumiwa semakin terbuka lebar. Kemudian siapa sangka keuletannya bekerja langsung membawa hasil di semester dua, dimana ia sudah bisa membayar kuliahnya sendiri.

Pelan tapi pasti nama Daniel Tumiwa semakin berkibar di dunia musik Indonesia. Ia bahkan menorehkan prestasi tersendiri saat ditunjuk sebagai moderator di acara press conference penyanyi Amerika, Jimmy Page, yang lagi happening banget di masa itu. Setelah itu ia ditunjuk jadi presenter di acara Tren Musik di RCTI. Nama Daniel Tumiwa makin naik daun. Ia makin disibukkan untuk berbagai acara musik Tanah Air.

Namun tidak dipungkiri bahwa kesibukan di luar kuliah membuat dirinya semakin kewalahan mengejar nilai akademik di kampus. Menurut Daniel Tumiwa sendiri, masa kuliahnya saat itu berantakan, sibuk, dan penuh pengorbanan. “Sebagai mahasiswa, saya bukanlah contoh terbaik. Tapi saya bisa mendapatkan kesuksesan di luar kampus berkat usaha yang lebih dibanding teman-teman kuliah lainnya” kenang lelaki yang sudah bisa beli mobil dengan hasil keringatnya sendiri di masa kuliahnya.

Namun Daniel tidak menyesal menjalani semua pengorbanannya itu, mengingat ada begitu banyak ilmu yang ia petik dari berjibaku menyeimbangkan kuliah dan kerjanya. “Ilmu yang didapat di bangku kuliah itu tidak cukup untuk menghadapi masa depan. Pengalaman jauh lebih berharga,” ujar pria yang akhirnya menyelesaikan kuliahnya dalam waktu tujuh. Pengalaman-pengalaman bekerja sembari kuliahnya ini mengantarkannya untuk mencapai berbagai macam posisi keren di berbagai perusahaan. Seperti Associate Director MTV, Country Manager Multiply, Vice President Digital Business Garuda Indonesia, CEO OLX hingga kini menjadi Chief ADSvokators.

Ketika ditanya apa arti kesuksesan untuk seorang Daniel Tumiwa, ia menjawab begini: “Kesuksesan adalah opsi.” Ia pun menjelaskan maksud dari ucapannya sebagai berikut, “Banyak orang kaya, tapi tidak semua orang punya opsi. Mungkin dia begitu kaya raya, tapi setiap hari dia harus dijaga bodyguard. Atau ada dokter yang kaya raya, tapi jika berhenti jadi dokter dia akan kehilangan mata pencaharian. Makanya buat saya saat ini sukses itu mempunyai opsi. Misalkan hari ini saya berhenti kerja, saya punya opsi untuk membuat hidup tetap berjalan dengan baik”.

Daniel Tumiwa mengajarkan kita bahwa kesuksesan ini bisa diciptakan dari mencari pengalaman sejak kuliah. Oleh karena itu, pengalaman saat kuliah itu wajib dicari dan didapatkan. Ilmu kuliah nggak bakal cukup untuk menghadapi masa depanmu yang penuh tantangan.

Penasaran dengan cerita detail bagaimana cara Daniel Tumiwa melewati pengalaman itu dan akhirnya meraih sukses? Yuk, datang ke acara ADSvokatXYouth Conference di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan pada hari Minggu, 29 April mendatang.

Merintis sukses sejak di bangku kuliah #MasaGakMau?

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.