Cara Agar Kendaraan Hemat BBM
  • copy tautan!
subscribe

Cara Agar Kendaraan Hemat BBM

02 August 2018

Beberapa waktu yang lalu, pemerintah Indonesia baru saja menaikkan harga Pertamax yang termasuk dalam BBM (Bahan Bakar Minyak) non-subsidi. Akibatnya, tak sedikit masyarakat yang mengeluh karena kenaikan harga ini. Apalagi, harga BBM trennya memang terus naik tiap beberapa tahun sekali. Semua ini dikarenakan semakin tipisnya pasokan minyak bumi tiap harinya..

 

Maka wajar jika harganya makin mahal. Oleh karenanya yang bisa kita lakukan adalah ikut melakukan efisiensi penggunaan BBM daripada hanya bisa protes dan mengeluh doang. Salah satunya dengan membuat kendaraan yang kamu gunakan hemat BBM. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba.

 

  1. Kemudikan dengan kecepatan tertentu

Cara pertama yang paling mudah untuk menghemat BBM adalah dengan mengemudikan kendaraan dalam kecepatan tertentu dalam kondisi stabil. Misalnya, kendaraan dikemudikan dalam kecepatan 40 km/jam secara konsisten. Cara ini akan membuat proses pembakaran BBM jauh lebih efisien daripada mengemudikannya dalam kecepatan yang naik turun.

 

  1. Hindari berhenti dengan mesin menyala lama

Salah satu hal yang membuat kendaraan boros BBM adalah mesin yang terlalu lama menyala. Karena, dalam kondisi mesin menyala, artinya proses pembakaran tetap akan terjadi, meskipun kendaraan tidak bergerak. Jadi, apabila terjebak kondisi macet parah yang kendaraan berhenti cukup lama, barangkali tidak ada salahnya juga untuk mematikan mesin. Cara ini juga akan membuat BBM lebih hemat.

 

  1. Isi BBM di pagi hari

Waktu saat mengisi BBM ternyata juga berpengaruh pada efisiensi BBM, lho. Karena, saat pagi hari BBM di pom bensin masih dalam kondisi kental dan padat. Sehingga ketika diisi ke tangki kendaraan, proses pembakaran jadi lebih efisien. Sedangkan ketika siang hari, BBM di pom bensin jadi mengembang, sehingga jadi lebih cepat menguap.

 

  1. Terlalu penuh mengisi

Pastikan ketika mengisi BBM jangan terlalu penuh. Upayakan tetap meluangkan ruang udara pada tangki kendaraan. Karena jika terlalu penuh, BBM akan mudah tumpah dan mudah menguap. Jadi, cek dulu ruang tangkinya, ya.

 

  1. Ganti oli secara rutin

Mengganti oli sesuai jadwal juga bisa membuat mesin kendaraan hemat BBM. Minimal tiga bulan sekali atau saat speedometer sudah mencapai 6000 km. Upayakan juga untuk memakai oli sintetis. Karena ini juga akan menghemat konsumsi BBM hingga 5%.

 

  1. Parkir di tempat teduh

BBM akan lebih boros jika mesin dalam keadaan panas. Karena BBM akan mudah menguap. Maka dari itu, salah satu cara menghematnya ialah dengan memarkir kendaraan di tempat teduh.

Nah, kamu bisa mulai coba mempraktekkan beberapa cara tersebut untuk menghemat BBM. Selain agar pengeluaran beli BBM lebih hemat, kita tanpa sadar juga ikut berperan untuk menjaga ketersediaan minyak dunia. Terus, supaya BBM yang dibakar sama kendaraanmu juga nggak sia-sia, kamu bisa memanfaatkan campaign di ADSvokat. Lumayan kan reward-nya, buat tambah-tambah ongkos BBM.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.