Belajar Dicicil atau Sistem Kebut Semalam?
  • copy tautan!
subscribe

Belajar Dicicil atau Sistem Kebut Semalam?

04 July 2018

Setiap orang punya metode belajar masing-masing. Semuanya itu disesuaikan dengan karakter yang dimiliki. Ada beberapa orang yang bisa belajar dan hafal banyak materi hanya dalam waktu selintas saja. Biasanya metode belajar seperti ini disebut dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Namun, ada beberapa orang yang memang harus mencicil hafalan dan banyak berlatih soal terlebih dahulu agar lebih matang pemahamannya.

 

Kira-kira bagaimana ya cara belajar para ADSvokator? Dicicil atau SKS?

“Aku lebih suka nyicil. Kalau belajar nyicil itu kan fleksibel. Maksudnya bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Karena nyicil pelajaran itu nggak mengharuskan kita bawa banyak buku. Cukup bawa catatan kecil aja bisa. Jadi, belajarnya lebih ringan.”

Jaka Haritstyo Prabowo, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Islam Negeri Jakarta

 

“Aku termasuk tipe orang yang belajarnya harus tenang dan menyendiri. Jadi metode belajarnya ya mencicil materi kuliah dari catatan atau powerpoint yang dikasih dosen. Tapi kalau pakai sistem SKS, stres sih aku.”

Putri Amalia Zahra, mahasiswi Jurusan Psikologi, Universitas Indonesia  

 

“Kalau aku tergantung situasi, sih. Kalau pas lagi banyak kegiatan yang bikin aku nggak sempat nyicil bacaan, ya pas ujian aja belajarnya. Kalau pas senggang, ya belajar nyicil. Karena itu membantuku mengatur materi kuliah. Tapi sekali lagi, tergantung sama kegiatan lain. Karena aku juga kan aktif di kegiatan tari balet.”

Anasha Citra Melati, mahasiswi Jurusan Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Jakarta

 

Nah, kalau kamu sendiri pilih dicicil atau ditumpuk? Tentu, semua metode belajar dicicil atau ditumpuk ini tergantung dengan pribadi kamu masing-masing. Ada yang nyaman dengan cara belajar dicicil, ada juga yang justru nyaman jika cara belajarnya ditumpuk langsung. Namun, apa pun metodenya, pastikan kamu bisa belajar dengan cara yang paling efektif ya. Biar hasil belajarnya benar-benar ada yang diingat. Selamat belajar!

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.