Bahasa Inggris Itu Penting Nggak, Sih?
  • copy tautan!
subscribe

Bahasa Inggris Itu Penting Nggak, Sih?

27 June 2018

Barangkali pertanyaan itu pernah mampir ke dalam benakmu sesekali. Karena, ternyata meskipun sudah belajar bahasa Inggris dari SD, ternyata kamu masih menganggap bahasa Inggris itu susah dan tak kunjung fasih. Wajar kalau kamu jadi mencoba mempertimbangkan lagi relevansinya.

 

Tapi, jika dilihat dari kondisi perkembangan teknologi saat ini, bahasa Inggris itu memang penting, sih. Apalagi ada yang bilang dunia nanti itu tanpa batas, sehingga bahasa yang dipakai kelak itu bahasa Inggris. Sehingga secara tak langsung ini berkaitan banget sama masa depan karir kamu.  

 

Lantas, kalau nggak becus-becus pakai bahasa Inggris gimana, dong?

 

Tenang, semua ada prosesnya dan kamu tak perlu malu untuk belajar bahasa Inggris lagi. Ada lho beberapa tokoh yang dulunya nggak bisa bahasa Inggris. Salah satunya William Tanuwijaya yang tak lain adalah CEO Tokopedia. Sewaktu melakukan pitching Tokopedia, kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, dia selalu kelabakan. Tapi, perlahan-lahan karena kebiasaan, jadinya bisa. Terus, ada Munir Said Thalib yang merupakan legenda HAM Indonesia. Sewaktu melakukan konferensi kegiatan HAM di luar negeri, bahasa Inggrisnya masih terbata-bata. Tapi, karena kebiasaan, akhirnya bisa juga.

 

Terbuktikan kalau bahasa Inggris itu bisa karena biasa. Oleh karena itu, kita bakal ngasih beberapa tips yang bakal membiasakan kamu berlatih bahasa Inggris.

 

  1. Mendengarkan lagu

Kamu bisa membiasakan diri untuk mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris kesukaanmu. Dan coba nyanyikan lagu tersebut sambil membaca liriknya. Secara tak langsung, kebiasaan ini bakal merangsang kemampuan bahasa Inggris kamu. Kamu juga jadi bisa melafakan bahasa Inggrisnya dengan tepat.

 

  1. Menonton film

Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dari menonton film. Namun, kali ini cobalah untuk mengamati teks subtitle dengan percakapan yang ada di filmnya. Ini benar-benar akan membuat kamu peka sama cara ngomong bahasa Inggris yang benar. Alangkah baiknya kalau kamu membaca teks subtitle yang bahasa Inggris juga. Ini akan melatih kamu untuk tahu cara menulis kata-kata dalam bahasa Inggris yang benar.

 

  1. Sehari satu vocab

Bahasa Inggris itu bukan cuma soal grammar, tapi juga soal stok kosakata atau vocabulary. Nah, upayakan untuk minimal menghafal satu vocab sehari. Ini akan menambah pembendaharaan kosa kata kamu.

 

  1. Praktekkan

Nah, kalau langkah-langkah tadi sudah kamu lakukan, selanjutnya tinggal praktekkan, deh. Percuma kalau tahu tapi nggak di praktekkan. Cara prakteknya nggak perlu harus ketemu orang bule lalu ngajak dia ngomong bahasa Inggris, kok. Kamu bisa mempraktekkannya dengan chatting dengan orang negeri. Dengan begitu kemampuan menulis bahasa Inggrismu akan terasah. Kamu juga bisa mengajak keluarga atau teman untuk mengadakan ‘English Day’. Dimana di hari tertentu dalam seminggu kalian wajib menggunakan bahasa Inggris. Nggak perlu malu kalau salah. Namanya juga belajar. Kalau malu terus, kapan bisanya?

 

Sekarang setelah tahu betapa pentingnya bahasa Inggris dan cara mengembangkannya, kamu bisa mulai belajar lagi. Jangan menyerah, ya! Masa generasi emas Indonesia nggak bisa bahasa Inggris? Hehehe.

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.