Apapun Jurusanmu, Kamu Bisa Coding!
  • copy tautan!
subscribe

Apapun Jurusanmu, Kamu Bisa Coding!

13 June 2018

Mahasiswa itu harus punya banyak skill. Apa pun jenisnya. Dari mulai selling skill sampai writting skill. Karena, seperti kata Daniel Tumiwa, Chief ADSvokat, “Ilmu di bangku kuliah tidak akan cukup untuk menghadapi masa depanmu.”

 

Makanya, mulai sekarang kamu harus mau menggali salah satu skills yang bisa jadi minat kamu.

 

Misalnya skills coding atau ilmu yang mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan komputer melalui bahasa pemograman. Skill coding ini lagi hits banget lho sekarang. Karena menurut Triawan Munaf, ketua Bidang Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Indonesia akan memasuki era revolusi industri 4, yaitu era ketika industri teknologi informasi berkembang pesat dan masif. Maka nggak heran sekarang bermunculan banyak startup di bidang industri digital. Otomatis, permintaan industri ini untuk orang-orang yang punya kemampuan coding juga bakal meningkat.  

 

Tapi apakah orang yang ingin memiliki skill coding harus dari lulusan IT? Nggak juga, kok. Tenang, semua orang pasti bisa coding. Meskipun kamu sekarang kuliah di jurusan akuntansi, pertanian, ilmu keguruan, atau bahkan sastra sekali pun, kamu pasti bisa coding.

 

Contohnya, di San Fransisco, Amerika Serikat, ada lembaga sosial bernama Code Tenderloin yang berusaha memberdayakan para gelandangan dengan pelatihan coding skills sampai mereka cukup mahir bikin mekanisme bahasa pemograman. Padahal tadinya mereka sama sekali nggak punya background pendidikan di bidang IT. Yang lebih keren lagi, di Manhattan, Amerika Serikat ada seorang gelandangan bernama Leo Grand yang belajar coding selama 8 bulan sampai bisa membuat aplikasinya sendiri. Keren kan? Sampai sini kamu harus percaya diri bahwa kemampuan coding itu bisa dipelajari oleh siapa pun.

 

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan ketika ingin belajar coding? Heru Herlambang, CTO ADSvokat punya beberapa pesan penting buat kamu yang pengen memulai belajar coding.

 

Pertama, kamu harus punya minat dan keinginan yang tinggi terhadap bahasa pemograman. Inilah yang kunci pertama dan utama sebelum memulai. Minat bahkan jauh lebih penting daripada bakat. Karena sia-sia juga kalau punya bakat coding tapi nggak dilatih. Jadi, tenang, selama punya minat yang tinggi, kamu akan terdorong selalu untuk belajar coding.

 

Kedua, jangan angin-anginan ketika belajar coding. Kamu harus konsisten dan berkomitmen secara total buat belajar coding. Bahasa lebaynya, hidup dan matiku buat coding.

Ketiga, kamu harus punya curiousity atau keingintahuan yang besar terhadap bahasa pemograman. Karena ini akan mendorong kamu buat belajar terus dan menciptakan inovasi.

 

Keempat, selamat mempraktekkan ilmu coding ya. Semangat terus, jangan gampang nyerah.

Peluang untuk menjadi seorang programmer itu terbuka lebar kok buat jurusan apapun. Kuncinya sih asal mau belajar dan konsisten. Buat kamu yang minat, ayo percaya diri aja belajarnya. Belajar coding dan akhirnya jadi programmer handal, #MasaGakMau?

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.