ADSvokat Goes To UPN Veteran Jakarta!
  • copy tautan!
subscribe

ADSvokat Goes To UPN Veteran Jakarta!

04 May 2018

Hari Kamis, 3 Mei lalu ADSvokat diundang ke Universitas  Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPN Veteran). Di sana ADSvokat mendapat kehormatan untuk jadi salah satu pembicara di acara Seminar Ekonomi: Membangun Jiwa Wirausaha di Era Digital. ADSvokat yang diwakili oleh Achmad Moesadad Shatrie, Chief Operations Officer (COO) ADSvokat diminta untuk berbagi pengetahuan mengenai bisnis startup bersama dua pembicara lainnya, yaitu Tonny Mahardika, pengusaha alat musik dan Teguh Awee seorang Freelancer Bukalapak.

 

Acara yang diselenggarakan di gedung Auditorium Fakultas Teknis UPN Veteran itu dipenuhi oleh mahasiswanya yang haus ilmu. Usa, panggilan akrab Achmad Moesadad, membuka acara dengan memperkenalkan bagaimana ia mengawali karir sampai kemudian ia memberanikan diri untuk menjadi salah satu founder startup ADSvokat.

 

Pria yang sudah kenyang dengan pengalaman di dunia digital terutama e-commerce itu menyampaikan bahwa alasan untuk menjadi seorang wirausaha itu bisa bermacam-macam. “Bisa karena sulit mendapatkan pekerjaan atau memang karena hasrat berkembangnya luar biasa,” jelasnya. Namun, Usa juga mengingatkan para mahasiswa agar terlebih dahulu menggali alasan mereka berwirausaha. “Kalian harus tahu why-nya apa?”

 

Setelah ditemukan alasannya, langkah selanjutnya para mahasiswa harus bisa mencari tahu cara bagaimana memulai wirausaha. Mereka harus tahu produk apa yang akan dibuat dan apa manfaatnya untuk memecahkan  permasalahan masyarakat. Kemudian, uji cobakan produk tersebut kepada orang lain. Minimal keluarga terdekat. “Karena setiap produk harus ada fungsi minimalnya. Contohnya untuk alat transportasi, minimal dia bisa dipakai untuk memindah sebuah objek,” jelas Usa lagi.

Usa, Chief Operations Officer ADSvokat

 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Gladys Rasya mahasiswi jurusan Manajemen UPN Veteran Jakarta. Gladys mengungkapkan bahwa dirinya ingin sekali membuat sebuah travelator untuk orang-orang difabel di stasiun kereta. Menurutnya, alat ini akan memudahkan petugas untuk mengatur penumpang kereta yang terkadang tidak tertib dan tidak ramah untuk kaum difabel. “Ide ini bermula dari masalah-masalah yang sering aku temui jika ingin naik KRL di stasiun kereta. Ada kaum difabel yang kesulitan naik kereta”.

I Made Abimanyu, Manajemen UPN Veteran Jakarta

 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Gladys Rasya mahasiswi jurusan Manajemen UPN Veteran Jakarta. Gladys mengungkapkan bahwa dirinya ingin sekali membuat sebuah alat eskalator pengatur antrian yang ada di stasiun kereta. Menurutnya, alat ini akan memudahkan petugas untuk mengatur penumpang kereta yang terkadang tidak tertib. “Ide ini bermula dari masalah-masalah yang sering aku temui jika ingin naik KRL di stasiun kereta.”

Gladys Rasya, Manajemen UPN Veteran Jakarta

 

Setelah menyampaikan beberapa tips untuk memulai berwirausaha, Usa pun menceritakan beberapa perbedaan budaya kerja antara korporasi dan startup. “Kalau kerja di koorporasi, kalian biasanya diwajibkan memakai seragam formal atau bahkan dasi. Tapi, di startup kalian boleh memakai pakaian casual dan sneakers saja.” Tapi, di sisi lain Usa juga mengatakan bahwa para mahasiswa juga harus siap dengan kondisi kerja startup yang penuh tantangan”.

 

Tak lupa, di bagian terakhir materinya, Usa memperkenalkan apa itu ADSvokat. ADSvokat merupakan platform aplikasi pemberdayaan mahasiswa melalui iklan brand.

 

Seusai menerangkan apa itu ADSvokat, para peserta pun langsung tertarik untuk mencobanya dengan men-download-nya terlebih dahulu. I Made Abimanyu mahasiswa yang sedari tadi berperan aktif pun langsung mengakui kekerenan aplikasi ADSvokat. “Wah keren juga ya aplikasi ini. Lumayan banget buat ganti ongkos bensin.”

Mahasiswa UPN Veteran Jakarta menjajal aplikasi ADSvokat

Baik ADSvokat maupun para mahasiswa UPN Veteran Jakarta amat senang dengan antusiasme dua arah yang terjadi pada hari itu. ADSvokat senang dengan berbagi ilmu yang bermanfaat untuk para mahasiswa, begitu juga para mahasiswa UPN Veteran yang puas karena mendapatkan pencerahan akan dunia kerja yang sebentar lagi ada dalam genggaman mereka.

 

ADSvokat sangat terbuka untuk diundang dan bertemu dengan mahasiswa secara langsung di acara-acara seperti ini. Apalagi kalau acaranya adalah mengenai sharing ilmu. Jika kamu ingin kampusmu didatangi oleh ADSvokat, jangan ragu untuk undang kami, ya. Hubungi aja ADSvokat via Instagram @adsvokat atau Line @adsvokat (pakai @). Sampai jumpa di kampusmu, ya!

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.