5 Tips Seru Biar Kamu Jadi Anak Magang yang Nggak Gampang Dilupakan
  • copy tautan!
subscribe

5 Tips Seru Biar Kamu Jadi Anak Magang yang Nggak Gampang Dilupakan

30 January 2018

Selagi kuliah, kamu harus coba sebanyak mungkin pengalaman. Ngga cuma pengalaman seru-seruan, tapi juga pengalaman yang bisa mendukung masa depanmu setelah kuliah. Salah satunya, internship atau magang. Nah, agar magangmu asyik dan kamu bisa belajar banyak, yuk intip tips di bawah ini:

  1. Perhatian dan perhatikan

You know what, cuma perlu waktu 7 detik orang lain untuk membentuk kesan pertama tentang dirimu. Bayangin kalau kesan yang ditangkap karyawan lainnya saat kenalan pertama adalah “Nih anak magang jutek kayanya”. Mengingat nama juga penting, lho. Jangan mentang-mentang hanya magang 1 bulan, kamu cuma mengingat rekan kerjamu sebagai “Mas lucu di pojokan”. Bring positive vibe every morning. Ucapkan selamat pagi dan sapa setiap orang yang kamu temui, dari satpam sampai CEO. It’s a small step, but it means a lot when people know you put your heart into it.

  1. Dress to success

Bukan berarti kamu harus make over 180 derajat. Guess what, just be yourself. Misalnya, gayamu cenderung casual dan sporty sementara kantormu cenderung formal? Berikan sentuhan personal atau signature style yang masih sesuai dengan dress code kantormu sesuai supaya kamu memorable. Sneaker favoritmu bisa kamu mix and match dengan kemeja dan celana khaki. Dengan jadi diri sendiri, siapa tahu kamu malah bisa jadi inspirasi atau trendsetter di kantor.

  1. Selalu tepat waktu

Percuma kalau kamu tampil keren tapi datang terlambat tiap hari, atau submit pekerjaan melewati deadline. Itulah gunanya magang, kamu jadi praktik time management langsung setiap hari. Atur waktumu dengan bijak antara magang, kuliah, dan social life. Datanglah tepat waktu, buat to-do list dan work smart agar pekerjaanmu selesai sesuai deadline dan kamu masih punya waktu me time.

  1. Tunjukin sikap “Can Do”

Daripada menunggu dikasih tugas, tanyakan “How can I help?”. Mintalah untuk dilibatkan dalam setiap project atau meeting, atau sekadar bantu-bantu checking dokumen. Antusiasme juga dapat ditunjukkan dengan selalu meminta feedback dan tidak ragu minta bimbingan dalam menjalankan tugas.

  1. Jaga hubungan baik

Saat masa magang kamu selesai, ngga cuma farewell speech, kamu bisa buat ucapan terima kasih yang unik dalam bentuk video pendek tentang supervisor yang membimbingmu dan teman-teman kantormu. Isinya, serunya aktivitas kantor, kebiasaan-kebiasaan kecil mereka, dan catatan personalmu. Stay in touch. Siapa tahu kamu tak perlu repot job hunting karena ditawari posisi tetap sebelum lulus kuliah.

Yang terpenting, don’t forget to have fun saat magang karena selain pengalaman, magang juga banyak manfaatnya buat masa depanmu.

Belajar menghadapi dunia kerja, dapat kenalan baru dan uang tambahan #MasaGakMau?

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.