4 Tips Fotografi yang Bisa Membuat Feed Instagrammu Lebih Menarik
  • copy tautan!
subscribe

4 Tips Fotografi yang Bisa Membuat Feed Instagrammu Lebih Menarik

10 August 2018

Fotografi di masa kini sudah bukan hanya profesi saja. Dengan perkembangan teknologi sekarang semua orang yang memiliki smartphone bisa menghasilkan foto-foto bagus. Ditambah dengan platform fotografi Instagram semua orang bisa dengan mudah sharing momen-momen untuk dilihat followersnya. Mendapatkan followers banyak tentu juga karena orang-orang yang melihat feedmu suka dengan kontennya. Untuk kalian yang merasa followersnya kurang janganlah berkecil hati dan simaklah beberapa tipsnya supaya kamu bisa memanjakan mata followersmu.

 

 

  • Momen

 

Sebagai fotografer maupun instagrammer yang harus kamu lakukan adalah mencari momen-momen menarik yang ada di sekitar kamu. Contohnya jika kamu adalah fotografer konser maka kamu harus mengerti objektif dari seorang fotografer panggung. Dalam sebuah konser kamu harus mengambil foto-foto yang menurutmu menarik. Ambil contoh saat seorang musisi dalam sebuah konser membawakan aksi musik solonya yang membuat para penonton heboh. Tugas kamu adalah mengabadikan momen itu, dengan mengambil gambar yang menunjukkan hal tersebut.

 

  • Komposisi

 

Dalam fotografi ada yang dinamakan komposisi yang berarti peletakan objek pada frame. Saat mengambil foto kamu harus memerhatikan porsi latar dan objek yang sedang kamu amati. Contohnya jika kamu sedang motret sebuah gedung, kamu harus memerhatikan apa yang ada di sekitar gedung itu. Jika di sekitar gedung itu tidak ada objek lain yang signifikan akan lebih mudah untuk mengambil gambarnya. Posisikan gedung di tengah frame secara horizontal dan jika latar belakangnya langit coba zoom in dan zoom out agar kamu mendapatkan posisi yang menurut kamu tepat.

 

  • Belajar Teknik Fotografi

 

Fotografi bukan hanya mengenai objek, momen, atau komposisi. Tapi kamu juga harus mengerti teknik fotonya. Untuk itu kamu harus pelajari lebih mendalam mengenai ketiga fungsi  dasar di tiap spesifikasi kamera. Yaitu pengaturan ISO, apperture, dan shutter speed.

ISO adalah ukuran sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya, ini berfungsi membuat kamera mu menerima cahaya lebih seimbang. Apperture adalah bukaan lensa saat mengambil foto, fungsinya kamu bisa menghasilkan foto dengan efek ‘bokeh’. Yang terakhir adalah shutter speed yaitu rentang waktu bukaan kamera terbuka saat mengambil gambar, dengan memahami ini kamu bisa lebih tangkas dalam mengambil momen-momen yang banyak geraknya.

 

 

  • Percaya Diri

 

Yang membuat seni fotografi menarik adalah perspektif atau yang biasa disebut ‘mata’ sang fotografer yang mempunyai keunikannya masing-masing. Maka dari itu percayalah dengan ‘mata’ mu sendiri tanpa harus membandingkan dengan orang lain. Tapi jangan salah mengartikan, belajar dengan orang lain juga perlu, lho!

 


Dengan tips-tips tersebut kamu akan siap untuk meng-
capture momen apa saja dari kamera. Momen yang menarik, komposisi yang tetap, menguasai teknik, dan percaya diri hanyalah awal mula dari perjalananmu sebagai Instagrammer yang handal. Jangan berhenti berusaha dan belajarlah dengan siapapun. Kelak kamu akan mendapatkan respon yang lebih positif dari followersmu. Dan mudah-mudahan semakin banyak!

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.