4 Cara Mudah Memengaruhi Orang
  • copy tautan!
subscribe

4 Cara Mudah Memengaruhi Orang

15 May 2018

Sadar nggak sih banyak pencapaian dalam hidup itu diraih karena kemampuan kita dalam mempengaruhi orang? Kemampuan mempengaruhi orang lain itu penting, lho. Mempengaruhi itu nggak selalu bermakna negatif kok, malah tanpa sadar kita suka melakukannya dalam kehdiuapn sehari-hari.

Contohnya nih, ketika kamu sedang dalam proses bimbingan skripsi, kamu harus bisa mempengaruhi dosen kamu agar mau melancarkan proses skripsi. Atau dalam kasus lain ketika kamu dituntut harus bisa mempengaruhi gebetanmu biar mau diajak jadian.

Makanya kemampuan mempengaruhi orang lain juga dianggap sebagai skill. Ada baiknya kamu mempelajari dan mengasah skill yang satu ini sedari sekarang sebagai persiapan dirimu di dunia kerja nanti. Tapi, caranya gimana ya? Tenang, ADSvokat punya beberapa referensi tips dari para orator yang ahli mempengaruhi orang nih:

 

  1. Senyum

“Semua terlihat lebih baik jika tersenyum,” – Jimmy Fallon

Pertama, untuk bisa mempengaruhi orang lain, kamu harus membuat dirimu tampak menarik. Cara paling sederhananya adalah dengan tersenyum. Tersenyum akan membuat kamu makin menarik dan membuat orang lain nyaman denganmu. Tampilkan selalu wajah penuh senyuman ketika berinteraksi dengan temanmu. Ketika dia sudah nyaman, secara tak langsung kamu juga sudah bisa mempengaruhinya.

  1. Memahami Kehidupannya

“Jika kamu bisa menjangkau orang-orang lewat dompet mereka, saat mereka makan siang, saat dalam perjalanan sepulang kerja, saat istirahat sekolah, dan membuat sesuatu yang ingin mereka lihat, sungguh itulah pertunjukan luar biasa.” – James Corden

Arti dari nasehat di atas adalah sebelum mempengaruhi orang, kamu harus memahami dia terlebih dahulu. Caranya, kamu harus mencoba memasuki kebiasaan kesehariaannya. Dari mulai berangkat ke kampus hingga saat nongkrong di kantin. Kamu harus mengerti kehidupannya agar bisa cari selanya.  

 

  1. Ceritakan Perbedaannya

“Tunjukin perbedaan yang bisa membedakan produk lo dengan yang lain. Gue misalnya membuat lagu rap gue dari lirik-lirik yang unik.”-Pandji Pragiwaksono

Cara lain untuk mempengaruhi orang lain ialah dengan membuat dirimu tampak beda. Contohnya kisah Pandj Pragiwaksono ketika bisa menjual album rapnya hanya dalam waktu 30 hari. Ternyata rahasianya adalah membuat lagunya berbeda daripada yang lain. Pandji menulis lirik lagu yang unik. Akhirnya, orang penasaran dan bisa terpengaruhi untuk membeli kasetnya. Hal sama juga bisa kamu lakukan kok agar teman-temanmu terpengaruhi sama kamu. Coba deh lakukan hal-hal yang berbeda. Dari mulai dari penampilan sampai musik favorit.

 

  1. Ketahui Karakternya

“Kamu bisa mempengaruhi orang lain jika kamu tahu karakternya.” –Marvin Suwarso

 

Untuk mempengaruhi temanmu, kamu juga bisa memulainya dengan mengetahui karakternya. Kamu bisa juga memakai analisa teori DISC (Dominance, Influence, Compliance, Steadiness). Dengan teori ini, kamu bisa melihat dulu orang yang ingin kamu pengaruhi sebelum menentukan caranya. Misalnya, ketika kamu ingin mempengaruhi orang yang berkarakter steadiness, kamu harus bersikap lemah lembut. Atau ketika bertemu dengan orang berkarakter Dominance, cara berkomunikasinya harus lebih to the point.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengasah skill untuk mempengaruhi orang. Dengan terus mempertajam kemampuan yang satu ini, kamu bisa mencapai berbagai keinginan dalam hidup lebih mudah. Bikin orang sepaham dengan pemikiranmu, #MasaGakMau ?

 

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.