3 Karir Paling Cool di Masa Depan
  • copy tautan!
subscribe

3 Karir Paling Cool di Masa Depan

30 January 2018

Sekarang kamu bayar tol tinggal nge-tap. Buka rekening ngga usah datang ke bank dan antre di teller. Mau nanya-nanya produk, ngga usah telpon call center, sudah ada chatbot.

Teknologi memang mengubah lapangan pekerjaan. Melihat tren saat ini, pasti kamu mikir, “Jangan-jangan lama-lama semua dikerjakan mesin”. Kamu ngga usah keburu khawatir. Data dari World Economic Forum menyebutkan memang akan ada tujuh juta lapangan pekerjaan yang hilang akibat perkembangan teknologi di tahun 2020, tapi di tahun yang sama akan muncul dua juta lapangan pekerjaan baru yang tak ada sebelumnya atau belum dikenal.

Be one step ahead dengan menguasai teknologi dan masa depan dengan 3 pilihan karir futuristik ini:

  1. Chief Officer of Productivity

Secara singkat, profesi ini berperan sebagai mentor pemanfaatan teknologi baru yang akan diaplikasikan di departemen, organisasi, institusi, maupun individu. Co-Founder dan Co-CEO Replicon Raj Narayanswamy menyebutkan profesi ini penting saat terjadi sosialisasi teknologi baru agar para pengguna teknologi tersebut bisa menggunakan teknologi tersebut dengan efektif dengan end goal meningkatkan produktivitas kerja. Profesi yang juga termasuk dalam kategori ini antara lain IT consultant dan IT maintenance.

  1. Excess Capacity Broker

Profesi ini berperan jasa perantara, yakni mengakomodir aset atau kebutuhan perusahaan yang dapat diuangkan. Misalnya jika suatu perusahaan memiliki aset yang tak dipakai seperti ruangan atau gedung, mesin, peralatan kerja, atau modal. Profesi ini akan menghubungkan berbagai stakeholders, mempertemukan supply dengan demand dalam bentuk sewa maupun penjualan aset. Jasa ini melingkupi pula perantara, pengadaan dan suplier. Teknologi membantu excess capacity broker menemukan jaringan pembeli dan penjual, mempermudah transaksi, but at the end of the day, “human touch” tetap diperlukan dalam pembuatan keputusan.

  1. Medical Mentor

Teknologi kedokteran maju pesat, apalagi dengan kehadiran Internet of Things. Dokter semakin mudah menganalisis dengan tepat dan cepat, memonitor perkembangan kondisi pasien, serta memformulasikan pengobatan yang diperlukan. Dibutuhkan operator spesialis untuk mengoperasikan berbagai peralatan medis terkini yang akan mendukung diagnosa dan tindakan medis oleh dokter. Operator spesialis ini tentu membutuhkan mentor untuk bisa menguasai dan mengoptimalkan beragam perkembangan peralatan medis.

Nah, tiga profesi ini hanyalah beberapa contoh profesi yang mungkin saat ini belum terlalu populer. Tapi lima tahun lagi, siapa tahu? Curi start dengan update terhadap perkembangan teknologi dan bersiap untuk masa depan, #MasaGakMau?

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.