10 Fakta Tentang Daniel Tumiwa Yang Wajib Kamu Tahu
  • copy tautan!
subscribe

10 Fakta Tentang Daniel Tumiwa Yang Wajib Kamu Tahu

09 April 2018

Udah daftar acara ADSvokatX Youth Conference?

Kalau masih ragu, kamu harus banget tahu beberapa fakta menarik tentang Daniel Tumiwa yang jadi pembicara di acara ini. Nah, silakan simak. Dijamin kamu nggak akan ragu atau menyesal untuk datang ke acara konferensi mahasiswa bikinan kita ini.

  1.   Pernah gagal masuk kampus negeri

Dulu sebelum masuk Hubungan Internasional di Universitas Katholik Parahyangan Bandung, dia udah nyobain ikut tes masuk perguruan tinggi Universitas Indonesia untuk jurusan yang sama. Tapi sayang, waktu itu dia nggak lolos. Namun, justru kampus di Paris Van Java itulah yang jadi membuka jalan karirnya untuk berkibar seperti sekarang.

  1.   Kerja di radio karena sebal dengerin penyiar yang salah nyebut judul lagu

Waktu kuliah dia udah jadi penyiar di Radio OZ. Salah satu alasan besar ia memilih profesi ini adalah karena suka sebal sama penyiar yang sering salah nyebutin lagu. Misalkan waktu nyebutin judul lagu I Just Called To Say I Love You-nya Stevie Wonder jadi I Just Ko Tu Say Lop Yu.

  1.   Pintar di bidang bahasa

Berhubung ia kuliah di jurusan Hubungan Internasional, wajarlah ia mendapat banyak mata kuliah bahasa asing. Bagi Daniel mata kuliah bahasa asing bukanlah hal yang sulit. Cuma karena kesibukkannya sudah membludak sejak semester dua, maka ia sering tertukar dalam menjawab soal ujian bahasa. “Pernah nih, pas ujian bahasa Cina, saya malah ngisi lembar ujiannya pake bahasa Jepang. Eh sebaliknya, waktu ujian bahasa Jepang saya malah ngisi pake bahasa Cina,” kenangnya sambil terkekeh.

  1. Chef wannabe

Sebelum masuk kuliah sebetulnya dia pengen banget jadi chef. Sampai-sampai pas SMA dia belain setiap akhir pekan habis untuk kerja paruh waktu di restoran. Sayangnya cita-cita itu tidak dapat dilanjutkan, makanya ia banting setir dengan kuliah jurusan Hubungan Internasional.  

  1. Suka pelajaran yang berhubungan sama manusia

Semua yang pernah ngobrol dengan Daniel Tumiwa pasti setuju kalau ia mendapat julukan sebagai people person.  Ini semua ada hubungannya dengan kesukaannya dengan mata kuliah yang erat hubungannya sama manusia. Maka nggak heran dia tiap pelajaran Antropologi dan Psikologi, Daniel pasti antusias banget. Menurut dia, ini sih ilmu yang bikin mudah komunikasi sama orang lain.

  1. Suka ilmu praktek

Dia tipe orang yang suka ilmu praktek. Ilmu yang langsung bisa diterapin. Menurutnya ilmu ini relevan banget buat di dunia kerja. Sampai sekarang Daniel berharap banget ada mata kuliah yang sifatnya praktek semua (vokasi). Soalnya terjun langsung selalu jadi proses belajar yang paling mengena di setiap orang. Suka mencari pengalaman secara langsung ini membuat ia dikenal sebagai salah satu orang yang paling melek teknologi dan digital di Indonesia. Ia bahkan juga jadi orang pertama yang mengabarkan tragedi bom JW Marriot tahun 2009 via Twitter. Bukan itu aja, kemelekan digitalnya membuat ia jadi masuk jadi 10 CEO Indonesia paling berpengaruh versi LinkedIn Indonesia.

  1. Waktu kuliah sering dibantu teman-teman Project P

Iya, Project P grup lawak itu. Daniel ternyata dulu waktu kuliah sering banget ngerjain tugas dibantu sama teman-teman Project P seperti almarhum Oon dan Tika Pangabean.

  1. Lulus kuliah langsung jadi Director

Kesibukannya di masa kuliah terbayar saat lulus kuliah. Ia langsung didapuk jadi Director Marketing MTV Asia, lho. Padahal teman-temannya yang lain masih sibuk nyari kerja.

  1.   Orang yang visioner

Daniel adalah orang yang visioner banget. Bahkan, dia udah kayak cenayang yang jago meramalkan masa depan gitu. Contohnya, ketika dia kerja di MTV, dia memprediksi kalau industri musik bakal dalihkan semua ke digital. Dan terbukti, ketika internet jadi mudah diakses, orang lebih suka download musik di internet daripada beli rilisan CD fisik.

  1.  Nggak pernah ngelamar kerja, tapi selalu dilamar

Nah, ini bikin iri banget, nih. Selama hidupnya, Daniel Tumiwa itu nggak pernah melamar kerja. Justru dia yang sering dipepet sama orang buat diajak kerja bareng.

Semua kesuksesan ini nggak terlepas dari pengalaman dia waktu kuliah dulu. Prestasinya bertambah terus bahkan ia kini menjadi delegasi Indonesia untuk pertemuan G20 di bidang Ekonomi Digital. Gilak! Gimana cara dia bisa sampai di posisi itu, ya? Makanya, ke acara ADSvokatX Youth Conference di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan pada hari Minggu, 29 April mendatang (13:00 – 21:00 WIB). Daniel Tumiwa akan menjelaskan secara langsung langkah-langkah yang ia tempuh untuk bisa menapaki puncak karirnya.

Makanya, buruan daftar di sini http://bit.ly/YouthXConference_PC . Sukses sejak mahasiswa kayak Daniel Tumiwa, #MasaGakMau sih?  

Download sekarang juga untuk bergabung dengan ADSvokat!

Get it on Google Play
apps adsvokat
Created with Sketch.